Salin Artikel

Ular Piton 4 Meter Masuk Halaman Rumah, Butuh 3 Jam dan 6 Orang untuk Menangkapnya

GRESIK, KOMPAS.com - Seekor ular piton dengan panjang sekitar 4 meter, ditangkap warga Desa/Kecamatan Wrunginanom, Gresik, setelah terlihat masuk ke halaman rumah.

Butuh waktu tiga jam bagi warga sebelum mereka dapat menangkap ular tersebut.

Kepala Desa Wringinanom Yoko mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (23/12/2021) malam.

Pada saat kejadian, Yoko kebetulan bersama dengan beberapa warga sedang kongko di halaman rumah miliknya yang berukuran 4.000 meter persegi.

"Halaman rumah saya sendiri, sekitar pukul 24.00 WIB tadi malam. Saat itu saya sedang santai (kongko) bersama warga di halaman rumah, terus ada warga yang melihat ular piton itu," ujar Yoko, saat dihubungi, Jumat (24/12/2021).

Yoko menjelaskan, butuh waktu sekitar tiga jam untuk dapat menaklukkan dan menangkap ular piton yang memiliki ukuran sebesar betis orang dewasa tersebut.

Selain karena waktu malam hari, kesulitan evakuasi lainnya karena ular piton berada di atas salah satu pohon yang ada di halaman rumah.

"Baru sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, ular berhasil kami tangkap. Butuh enam warga untuk bisa menangkap ular, karena ular itu naik ke atas pohon kelengkeng yang ada di halaman rumah," ucap Yoko.

Yoko juga bersyukur, ular berhasil ditangkap lantaran halaman rumahnya kerap dijadikan arena bermain bagi anak-anak warga sekitar.

Oleh karena itu, keberadaan ular piton tersebut dinilai dapat mengancam keselamatan anak-anak ketika sedang bermain.

"Kalau di sini (Desa Wringinanom) itu bukan kali pertama, sebab dua tahun lalu juga ada ular piton yang ditangkap warga, sepanjang 7 meter, saat ular itu berada di atas rumah salah seorang warga," kata Yoko.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/24/164721978/ular-piton-4-meter-masuk-halaman-rumah-butuh-3-jam-dan-6-orang-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke