Salin Artikel

Ganjil Genap Berlaku 24 Jam di Jalur Puncak Bogor, 280 Petugas Disiagakan Saat Natal Tahun Baru

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Satlantas Polres Bogor siap menerapkan uji coba ganjil genap selama 24 jam penuh di ruas jalan raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penerapan ganjil genap sepanjang hari ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kerumunan atau lonjakan kendaraan selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan ekstra ketat dengan cara mendirikan 10 posko pemeriksaan di seluruh gerbang tol dan di beberapa jalur alternatif yang menuju kawasan Puncak Bogor.

Posko tersebut juga sekaligus akan dijadikan tempat pemeriksaan sertifikat vaksinasi Covid-19 (pedulilindungi) bagi para pelaku perjalanan.

"Jadi kita sedang uji coba penyekatan dan pemeriksaan pelat nomor kendaraan (ganjil genap) selama 24 jam, untuk mencegah timbulnya kerumunan atau lonjakan kendaraan, khususnya di tempat-tempat wisata," kata Dicky di Cibinong, Rabu (22/12/2021).

Aturan ganjil genap tersebut masih sama dengan sebelumnya, yakni kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya yang berpelat nomor ganjil atau genap mengikuti tanggal pada kalendar.

Namun, terdapat sedikit perubahan dalam pengawasan yaitu petugas akan memeriksa sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi pedulilindungi.

Bagi pengendara yang tidak taat pada aturan-aturan tersebut akan diminta putar balik oleh petugas.

"Pemeriksaan yang kita lakukan meliputi kelengkapan prokes, seperti penggunaan masker, kendaraan ganjil genap sesuai tanggal, hingga surat vaksinasi atau aplikasi pedulilindungi," terangnya.

Untuk menyukseskan pemeriksaan ini, sambung dia, sebanyak 280 petugas gabungan disiagakan hingga 2 Januari 2021, terdiri dari Polri-TNI, Dishub Kabupaten Bogor, dan Satpol PP. Ratusan personel tersebut akan berjaga secara bergantian selama 24 jam.

Adapun 10 titik pemeriksaan tersebut meliputi gerbang tol yang menuju Puncak yakni, Cibanon, Rainbow Hills, Pasir Angin, Gate Tol Ciawi, Penutupan Arus Bandungan, Simpang Gadog, Sentul Utara dan Bellanova.

Kemudian, dua titik di jalur alternatif (jalan Ciawi, jalan pandan sari) atau biasa digunakan kendaraan roda dua.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/22/174529178/ganjil-genap-berlaku-24-jam-di-jalur-puncak-bogor-280-petugas-disiagakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke