Salin Artikel

Hujan Deras dan Angin Kencang Berpotensi Landa Flores Timur, Ini Imbauan BMKG

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi mengatakan, hujan dan angin itu bisa berpotensi menimbulkan bencana.

"Hujan deras yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Flores Timur dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi sehingga harus diwaspadai warga setempat ," kata Agung di Kupang seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/12/2021).

Potensi cuaca ekstrem itu dikeluarkan setelah adanya indikasi kemunculan area yang berpotensi tumbuhnya bibit siklon (suspect area) di Laut Arafura.

Agung mengatakan, suspect area mempunyai kecenderungan bergerak ke arah barat daya menuju ke wilayah selatan NTT.

Sejumlah wilayah di Flores Timur yang berpotensi terdampak cuaca ekstrem di antaranya, Tanjung Bunga, Lewolema, Larantuka, Titehena, Wulanggitang, Demon Pagong bagian timur.

Lalu, sejumlah wilayah di Pulau Adonara seperti Ile Boleng, Adonara, dan Klubagolit. Potensi itu bisa meluas ke wilayah Solor Timur, Solor Selatan, Solor Barat, Adonara Timur, Adonara Barat, dan Ile Bura.

Agung mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Warga juga diminta memperhatikan pohon yang tumbang.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/21/163552278/hujan-deras-dan-angin-kencang-berpotensi-landa-flores-timur-ini-imbauan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke