Salin Artikel

Dermaga Gerak di Pelabuhan Jangkar Situbondo Beroperasi, Disebut Ramah terhadap Distribusi Hewan Ternak

Dermaga gerak tersebut dinilai lebih ramah terhadap hewan ternak. Kapal pengangkut hewan ternak bisa langsung menurunkan truk ke dermaga.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim Nyono menyebut, masih ada beberapa pelabuhan yang tidak bisa langsung disandari kapal pengangkut kendaraan yang memuat hewan ternak. Namun, Nyono enggan menyebut pelabuhan tersebut.

"Karena kapal tidak bisa sandar, hewan ternak terpaksa dilempar ke laut dengan harapan hewan tersebut  berenang sendiri sampai ke bibir pantai," kata Nyono saat dikonfirmasi, Senin (20/12/2021) malam.

Dengan adanya fasilitas dermaga gerak, kata Nyono, truk pengangkut hewan ternak bisa langsung masuk kapal. Saat tiba di pelabuhan tujuan, truk pengangkut hewan ternak bisa turun kapal tanpa perlu menurunkan muatan terlebih dulu.

Pelabuhan Jangkar selama ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat bersandar kapal hewan ternak dari Sumenep, seperti Pulau Sapudi, Pulau Raas, dan Pulau Kangean. 

Selain kapal angkutan hewan ternak, kapal pengangkut barang dan penumpang juga sering bersandar di Pelabuhan Jangkar.

"Pelabuhan Jangkar juga kami usulkan melayani pelayaran menuju Indonesia Timur seperti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimatan Selatan," ucapnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/21/070716378/dermaga-gerak-di-pelabuhan-jangkar-situbondo-beroperasi-disebut-ramah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke