Salin Artikel

Speedboat Tenggelam di Perairan Pulau Pombo, 1 Penumpang Tewas, Juru Mudi Diperiksa

Dalam peristiwa itu, seorang penumpang meninggal dunia.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang mengatakan, juru mudi yang tidak disebutkan identitasnya itu saat ini tengah menjalani pemeriksaan.

Dia diperiksa oleh petugas di Pos Polairud Tulehu.

“Iya. Pengemudi speedboat itu sedang diperiksa petugas Polairud di Tulehu,” kata Leo kepada Kompas.com saat dikonfirmasi via telepon seluler, Senin (20/12/2021).

Leo menjelaskan, pemeriksaan terhadap juru mudi speedboat itu dilakukan untuk memastikan apakah ada unsur kelalaian yang dilakukan hingga speedboat mengalami kecelakaan.

“Masih diperiksa, rencananya dia mau dibawa ke kantor Dit Polairud di Lateri,” ujarnya.

Leo menambahkan, saat kapal cepat tenggelam, personel dari Ditpoairud Polda Maluku dan Polresta Pulau Ambon ikut dikerahkan membantu evakuasi para penumpang.

“Tadi ada gabungan dari Dit Polairud Polda Malukud dan Sat Polairud Polresta Pulau Ambon ikut ke lokasi untuk evakuasi penumpang juga,” ujarnya.

Menurut Jainal, saat speedboat tersebut oleng ke kanan, sejumlah penumpang yang berada di atas kap kapal cepat itu langsung memilih melompat ke laut.

“Speedboat Inarisa ini dari Kamariang menuju Tulehu, saat sampai di Pulau Pombo ada gelombang lalu speedboat ini oleng ke kanan dan ada sekitar lima penunpang di atas kap langsung melompat ke laut,” ungkapnya.

1 penumpang tewas

Dia mengaku dalam insiden itu seorang penumpang meninggal dunia dan dua penumpang lainnya harus dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan.

Menurut Jainal puluhan penumpang lainnya berhasil selamat setelah ditolong sejumlah speedboat dari Desa Kailolo yang saat itu melintas di perairan tersebut.

“Penumpang selamat itu kita evakuasi bersama kapal TNI AL yang kebetulan sedang melintas di situ juga,” ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/20/123436378/speedboat-tenggelam-di-perairan-pulau-pombo-1-penumpang-tewas-juru-mudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke