Salin Artikel

Pratama Arhan, Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF di Mata Orangtua

Pesepakbola berposisi bek kiri tersebut sukses menjadi man of the match usai mencetak satu gol dengan tendangan kerasnya dari kotak penalti.

Penampilan yang trengginas di dalam lapangan tersebut tampaknya tidak terlepas dari kerja kerasnya selama ini, dan tentu saja berkat dukungan dari keluarganya yang tinggal di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.

Ibunda Pratama Arhan, Surati mengaku selalu melihat pertandingan yang dilakoni oleh anaknya. "Enggak terlewatkan," ucap Surati saat ditemui Kompas.com di kediamannya.

Setiap anaknya bertanding, antusias dan semangat yang diperlihatkan oleh Surati hampir tak pernah padam.

Ia selalu bersemangat saat Arho, sapaan akrab Pratama Arhan terlihat di layar kaca televisi.

"Perasaannya ya bangga, senang, sedih kalau anaknya cedera, tetap mendoakan yang terbaik," kata dia.

Surati juga mengenang perjuangan anaknya ketika pertama kali dipanggil timnas sekitar 2 tahun yang lalu.

"Ibu sendiri tidak menyangka kalau Pratama Arhan itu dipanggil timnas, sebelum berangkat dia bilang 'bu adik dipanggil timnas', ketika dipanggil di timnas, ibu ya senang ya sedih, ya semua tercampur, enggak nyangka gitu," terang dia.

Dari kacamatanya, Surati menyebut Pratama Arhan merupakan pribadi yang pendiam. Tidak akan berbicara panjang lebar sebelum dipancing terlebih dahulu.

"Dia itu enggak pernah cerita, dia enggak terbuka tentang keadaannya di luar sana, kalau ibunya enggak tanya, kalau ibu nanya baru dia cerita-cerita," ujar Surati.

Surati juga menceritakan keadaan anaknya saat berada di rumah yang barangkali pulangnya setahun hanya tiga kali.

"Kalau di rumah anaknya tidur melulu, kan istirahat. Kalau habis tidur ya keluar ke rumah teman. Pagi sama sore latihan tetap dilakukan," kenang Surati.

Sebagai seorang ibu, Surati tentu saja mendoakan anaknya menjadi pesepakbola yang rendah hati dan sukses dalam kariernya.

"Ya harapan orang tua ya tetap anaknya menjadi anak yang baik, rendah hati, walaupun dia sekarang menjadi pemain timnas ya tetap attitudenya ada, dan tetap salat jangan lupa, berdoa, itu keinginan orangtua," harap dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/20/085006778/pratama-arhan-andalan-timnas-indonesia-di-piala-aff-di-mata-orangtua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke