Salin Artikel

Pemkab Madiun Bantu Sembako dan Perbaiki Rumah Rusak akibat Angin Puting Beliung

“Bantuan yang sudah kami berikan berupa sembako, makanan instan hingga selimut,” kata Bupati Madiun, Ahmad Dawami kepada Kompas.com, Kamis (16/12/2021) pagi.

Ia menuturkan, bantuan perbaikan rumah bagi keluarga yang benar-benar tidak mampu menjadi skala prioritas.

“Saya mohon kalau yang mampu, karena korban cukup banyak, kerusakan rumah nanti kita gotong royong bersama-sama,” ungkap Kaji Mbing.

Pria yang akrab disapa Kaji Mbing itu juga turun ke lokasi bersama Kapolres Madiun, AKBP Jury Leonard Siahaan dan beberapa kapala dinas pada Rabu (15/12/2021) malam.

Kaji Mbing meninjau rumah-rumah yang rusak akibat diterjang bencana angin puting beliung.

Warga yang terdampak bencana juga diberikan bantuan berupa sembako.

Sedangkan bagi warga tak mampu yang rumahnya rusak, pemerintah melakukan pendataan dengan memotret KTP mereka.

Selain rumah, beberapa tempat usaha serta fasilitas umum seperti tempat ibadah, gedung sekolah dan polsek menjadi sasaran prioritas perbaikan oleh pemerintah.

“Tentunya fasilitas umum yang rusak akan masuk prioritas. Tempat yang pakai untuk usaha kita prioritaskan agar mereka bisa bekerja semua,” jelas Kaji Mbing.


Bagi warga yang mengalami luka semua biaya penanganan dan perawatan ditanggung Pemkab Madiun.

Kaji Mbing menambahkan hari ini TNI dan Polri bersama relawan dan warga bergotong royong bersama-sama memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan ringan.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengimbau, warga segera memotong batang pohon yang membahayakan lingkungan. Lebih-lebih memasuki musim penghujan.

“Saya mengimbau pohon-pohon yang waktunya dikurangi cabangnya dikurangi saja. Itu bisa mengurangi potensi perihal kebencanaan seperti angin. Dan perihal banjir tetap jaga kebersihan lingkungan mulai sungai kecil atau parit kecil itu akan sangat bermanfaat sekali,” kata Kaji Mbing.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/16/093232978/pemkab-madiun-bantu-sembako-dan-perbaiki-rumah-rusak-akibat-angin-puting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke