Salin Artikel

Buntut Tahanan Kabur, Petugas Kejari Gresik Diperiksa Kejati Jawa Timur

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur memeriksa petugas Kejaksaan Negeri Gresik yang mengawal Wihelmus.

Kasi Pidum Kejari Gresik Firdaus mengatakan, seorang petugas dari Kejari Gresik yang mengawal Wihelmus, David, sedang diperiksa Kejati Jawa Timur.

"Hari ini dipanggil oleh jajaran internal Kejati Jawa Timur di Surabaya. Jadi kami belum tahu apa saja (materi yang ditanyakan)," ujar Firdaus, saat ditemui di Gedung Kejari Gresik, Senin.

Pemeriksaan David diduga berhubungan dengan tugas saat mengawal Wihelmus. Apalagi, terdapat dugaan kelalaian dan kesalahan prosedur ketika borgol Wihelmus dilepaskan saat izin buang air di toilet Mapolsek Driyorejo.

Firdaus belum bertemu dengan David untuk berbicara terkait masalah itu. Menurutnya, David sempat menderita luka di beberapa bagian tubuh dan mendapat perawatan medis usai berkelahi dengan Wihelmus sebelum kabur.

"Hasil visum baru keluar, luka lebam di bagian wajah dan tangan," ucap Firdaus.

Saat dikonfirmasi terkait nasib Wihelmus, Firdaus tak menutup kemungkinan bakal menjerat terpidana itu dengan pasal berlapis, yakni penyerangan terhadap petugas dan kabur.

"Dalam waktu dekat, kami akan menanyakan pelaporan atas perbuatan terpidana yang melakukan pemukulan kepada petugas. Untuk masalah teknis pidana tambahan, nanti konteksnya tetap kasus baru," kata Firdaus.

Sebelumnya, Wilhelmus sempat kabur setelah berpura-pura izin ke toilet di Mapolsek Driyorejo. Pada saat itu, terpidana kasus pencurian motor itu dituntut Kejari Gresik dengan hukuman penjara satu tahun delapan bulan.

Terpidana itu sempat meminta agar petugas melepaskan borgolnya karena ingin buang air di toilet. Petugas mengabulkan permintaan itu.

Ternyata, permintaan itu hanya modus. Wihelmus langsung kabur setelah memukuli David.

Beberapa setelah itu, Wihelmus ditangkap tim gabungan di sekitar Jembatan Merah, Jalan Kasuari, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Senin (13/12/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/12/13/220621478/buntut-tahanan-kabur-petugas-kejari-gresik-diperiksa-kejati-jawa-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke