Salin Artikel

Bantah Anggotanya Tembaki Warga, Kapolda Maluku: Ini Penggunaan Kekuatan, Jangan Dikatakan Penembakan

Dalam bentrokan tersebut belasan warga luka terkena tembakan peluru karet.

Menurut Refdi, upaya penangkapan 11 warga yang berujung bentrok dengan warga Desa Tamilow telah dilakukan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Semua yang kita lakukan sudah sesuai dengan langkah-langkah, sesuai dengan dengan prosedur dan sesuai dengan ketentuan,” kata kepada wartawan di kawasan Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (9/12/2021).

Bantah lakukan penembakan

Refdi membantah anggotanya telah menembaki warga Desa Tamilow, meski faktanya ada belasan warga termasuk tiga orang ibu paruh baya yang terluka karena tertembak peluru karet.

“Jadi di sana (Tamilow) itu bukan penembakan, di sana adalah penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian, itu yang terjadi,” kata Refdi.

Ia tidak setuju anggotanya disebut telah menembaki warga.

Baginya, apa yang dilakukan anggotanya terhadap warga merupakan penggunaan kekuatan yang sah.

“Inilah penggunaan kekuatan jadi jangan dikatakan penembakan oleh anggota Polri, tidak. Kita menggunakan penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian,” ujarnya.

Bentrok polisi dan warga desa Tamilow

Diberitakan sebelumnya, bentrokan antara polisi dan warga Desa Tamilow, Kecamatan Amahai pecah di desa Tamilow pada Selasa (7/12/2021). 

Bentrokan terjadi setelah polisi hendak menangkap 11 pelaku perusakan tanaman warga desa Sepa dan perusakan kantor Desa Tamilow.


Saat itu polisi sempat diadang oleh warga.

Polisi akhirnya mengeluarkan tembakan gas air mata, namun warga tidak membubarkan diri dan menyerang.

Polisi yang terdesak akhirnya mengeluarkan tembakan peluru karet ke arah warga.

Dalam insiden itu sejumlah warga mengalami luka-luka. Polisi belum dapat memastikan jumlah warga yang menjadi korban luka dalam insiden itu.

Adapun anggota polisi yang terluka sebanyak tujuh orang. Empat mobil polisi juga ikut dirusak massa dalam bentrokan tersebut. 

https://regional.kompas.com/read/2021/12/09/160636178/bantah-anggotanya-tembaki-warga-kapolda-maluku-ini-penggunaan-kekuatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke