Salin Artikel

Wisatawan yang Terjebak Banjir di Kawasan Senggigi Berhasil Dievakuasi

Sebagian besar wisatawan yang dievakuasi merupakan tamu hotel dan villa yang berada di kawasan Senggigi.

Para wisatawan ini dievakuasi menggunakan perahu karet milik Basarnas.

Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit mengatakan, pihaknya menerima permintaan evakuasi dari warga sejak banjir melanda wilayah Lombok Barat, Senin pagi.

"Personel kami bagi menjadi beberapa tim, untuk melakukan evakuasi dan pencarian korban banjir bandang," kata Nanang Sigit melalui keterangan tertulis.

Seluruh wisatawan yang terjebak banjir berhasil dievakuasi dengan selamat dan tidak ada lagi laporan permintaan bantuan SAR.

Beberapa daerah di Lombok Barat terendam banjir, akibat hujan  yang mengguyur wilayah pulau Lombok sejak Minggu (5/12/2021) kemarin.

Tingginya intensitas hujan menyebabkan air sungai meluap dan masuk ke pemukiman warga, Senin (6/12/2021) pukul 07.00 Wita.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTB, H Sahdan melalui keterangan tertulis menyebutkan, banjir merendam dua kecamatan di Lombok Barat yaitu Gunung Sari dan Batu Layar.


Banjir juga merendam beberapa Desa di Lombok Barat yaitu, Sesela, Ranjok, Kekait, Medas, Guntur Macan, Taman Sari, Jatisela, Penimbung, Meninting, Lembah Sari, Batulayar Barat, Senteluk dan Batulayar.

Data BPBD NTB mencatat, sebanyak 923 kepala keluarga di Kecamatan Gunung Sari terdampak banjir. Sementara di Kecamatan Batulayar terdapat 250 kepala keluarga terdampak banjir.

Selain korban luka-luka sebanyak 7 orang, banjir dan tanah longsor di Lombok Barat juga merenggut 4 nyawa dan satu orang korban yang hingga kini masih hilang.

Hingga saat ini, banjir di Lombok Barat sudah mulai surut.

Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem (Fenomena La Nina) berupa angin kencang dan hujan lebat yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/06/235050378/wisatawan-yang-terjebak-banjir-di-kawasan-senggigi-berhasil-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke