Salin Artikel

Ini Cara Bobby Nasution supaya Warga Tak Pilih Berobat ke Luar Negeri

Program ini diadakan supaya warga Sumatera Utara dan Aceh tidak memilih berobat ke luar negeri.

Adapun program ini merupakan gagasan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Dia ingin memadukan potensi kemajuan medis dengan industri pariwisata.

"Medan jadi tujuan orang untuk berobat, bukan lagi ke Penang (Malaysia) atau negara lain," kata Bobby saat memimpin Rapat Kolaborasi Pencanangan Program Medical Tourism Kota Medan di Hotel Santika Medan, Senin (6/12/2021).

Bobby mengundang 24 rumah sakit yang tergabung dalam Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Sumatera Utara, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA).

"Apa masukannya dari sisi pemerintah, sisi pariwisata, sisi rumah sakitnya. Ini masih PR masing-masing. Komitmen kita akan kita penuhi terlebih dahulu," kata suami Kahiyang Ayu itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Medan Agus Suriyono mengatakan, pencanangan program medical tourism Kota Medan mengolaborasikan antara potensi pariwisata dan pontensi kesehatan atau rumah sakit di Kota Medan.

"Pemerintah sebagai fasilitatornya," kata Agus.


Agus mengatakan, Pemkot Medan ingin Ibukota Provinsi Sumut ini lokasi menjadi tujuan pengobatan sekaligus wisata.

"Infrastruktur dari Bandara Kualanamu, dekat dari Medan. Trans Sumatera memudahkan akses ke Kota Medan. Hotel-hotel di Medan banyak yang berbintang," ucap Agus.

Agus mengatakan, jumlah penduduk Sumut dan Aceh ada sekitar 20 juta jiwa.

Menurut dia, ada sekitar 300.000 warga Sumut yang berobat ke Penang, Malaysia.

Agus mengatakan, apabila tiap orang membawa Rp 25 juta ke Penang, maka ada Rp 7,5 triliun uang warga Sumut pindah ke Malaysia.

"Kalau bisa, uang ini jangan keluar. Kita perkecil uang orang Sumatera Utara ke luar negeri. Kalau bisa, uang yang keluar, berputar di Medan saja," kata Agus.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/06/172358778/ini-cara-bobby-nasution-supaya-warga-tak-pilih-berobat-ke-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke