Salin Artikel

Proyek Sabo Dam Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan Merapi, Kendaraan Hanyut

Sejumlah kendaraan operasional dan peralatan proyek juga hanyut, seperti genset untuk generator batching plan, truk mixer terjebak lumpur dan direksi keet (kantor lapangan) rusak.

Petugas gabungan mengerahkan beberapa ekskavator atau alat berat untuk mengevakuasi peralatan tersebut. Hanya saja tidak ada korban dalam musibah itu

"Banjir lahar hujan juga memutus akses jalan menuju lokasi proyek," sebut PPK Pengendalian Gunung Merapi Muhammad Fahrurozi (Fauzi) kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (2/12/2021). 

Fauzi menuturkan, beruntung bangunan penguat tebing Sungai Senowo tidak rusak.

Progres pembangunan pekerjaan tersisa 3 persen atau sudah pada tahap penyelesaian. 

Sebagai upaya terdekat pihaknya akan segera membuka akses menuju lokasi proyek dan melanjutkan sisa pekerjaan pengecoran.

Kepala Desa Krinjing, Ismail mengatakan, banjir lahar hujan terjadi pada Rabu (1/12/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Petugas masih berupaya mengevakuasi kendaraan maupun peralatan proyek yang hanyut tepatnya di Dusun Trono, Desa Krinjing. 

"Untuk sopir dan pekerja sudah menyelamatkan diri, menuju arah selatan (tebing), sehingga tidak bisa mengamankan mobil maupun peralatan proyek," kata Ismail.

Dihubungi terpisah, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono menerangkan, sebelum banjir lahar hujan terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi terutama di Sungai Bebeng, Kecamatan Srumbung dan Senowo di Kecamatan Dukun.

“Banjir lahar hujan tersebut berdasarkan pemantauan bersama relawan, belum menimbulkan dampak kepada penduduk di sekitar KRB III,” ujar Edi.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/03/051200478/proyek-sabo-dam-hancur-diterjang-banjir-lahar-hujan-merapi-kendaraan-hanyut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke