Salin Artikel

Pembunuh Ibu Mertua Bupati Lamongan Tewas Gantung Diri di Lapas

Tersangka adalah Imam Winarto (38) yang merupakan warga Desa Tunjung Mekar, Kecamatan Kalitengah, Lamongan

Imam berperan sebagai eksekutor atau pelaku pembunuhan.

Adapun saat kejadian, Yuhronur Efendi masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan.

Gantung diri di lapas

Imam mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Malang, tempat dirinya ditahan.

"Informasi yang saya dapatkan dari salah seorang teman juga begitu, bunuh diri di Lapas. Pastinya (kronologi) saya belum tahu, karena yang bersangkutan tidak ditahan di Lamongan tapi di Lapas Malang," ujar Yuhronur, ketika dihubungi, Rabu (1/12/2021).

Kematian Imam dengan cara gantung diri di Lapas Malang, dibenarkan oleh kuasa hukumnya, Lukman Hakim.

Lukman mengatakan, kliennya menjalani hukuman di Lapas Malang setelah mendapatkan vonis seumur hidup oleh Pengadilan Lamongan.

"Iya benar, saya dapat informasinya itu gantung diri di Lapas Malang dan dimakamkan di Kediri, kemarin. Saya sendiri cukup prihatin, karena kami sedang mengajukan grasi ke Presiden namun belum dapat balasan. Tapi takdir berkata lain," kata Lukman, saat dihubungi terpisah.


Membunuh mertua Bupati Lamongan

Lukman menjelaskan, Imam dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan dan divonis hukuman pidana seumur hidup, yang tertuang dalam nomor putusan SH.272K/PID/2021 tertanggal 16 Maret 2021.

"Mulai ditahan 11 Februari 2020. Atas nama klien Imam Winarto, saya memohonkan maaf kepada keluarga ibu Hajah Rowaini," tutur Lukman.

Rowaini dibunuh oleh Imam, pada 3 Januari 2020 malam, di rumah korban di Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan.

Hasil dari penyelidikan dan penyidikan diketahui, Imam nekat melakukan aksi pembunuhan usai disuruh oleh Sunarto (44) yang juga warga Karanggeneng.

Polisi kemudian berhasil menangkap keduanya. Imam dan Sunarto dijebloskan ke penjara.

Imam divonis hukuman seumur hidup, sementara Sunarto divonis hukuman mati, setelah melalui serangkaian proses persidangan.

"Saat awal-awal kasus ini, saat penyidikan polisi, baik Imam maupun Sunarto menjadi klien kami. Tapi kemudian Sunarto memutuskan beralih kuasa hukum sejak persidangan dimulai, sehingga saya sudah tidak tahu lagi prosesnya," ucap Lukman.

Dalam rilis ungkap kasus yang sempat digelar oleh jajaran Polres Lamongan pada 11 Februari 2020 lalu, di hadapan awak media Imam sempat mengatakan, dirinya nekat menghabisi Rowaini lantaran dijanjikan akan diberi uang Rp 200 juta oleh Sunarto.

Namun hingga mereka berdua ditangkap polisi, Imam tak pernah menerima uang Rp 200 juta seperti yang dijanjikan.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/01/182726678/pembunuh-ibu-mertua-bupati-lamongan-tewas-gantung-diri-di-lapas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke