Salin Artikel

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, RSUD Gresik Siapkan 300 Tempat Tidur hingga IGD Khusus

Plt Direktur RSUD Ibnu Sina dr Soni mengatakan, persiapan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 itu dilakukan secara serius. 

"Untuk saat ini yang masih dirawat di tempat kami (pasien Covid-19) ada sebanyak enam orang, dengan rata-rata mereka itu diketahui dari hasil screening, bukan sakit terus dibawa kemari," ujar Soni saat ditemui di RSUD Ibnu Sina, Selasa (30/11/2021).

Setidaknya, RSUD Ibnu Sina menyiapkan ratusan tempat tidur khusus pasien Covid-19. Sehingga, para pasien nantinya bisa ditangani dengan baik.

"Kami sudah persiapan ada sekitar 300 tempat tidur, yang terbagi dalam delapan ruangan. Termasuk, mempersiapkan IGD (instalasi gawat darurat) khusus bila nantinya benar-benar terjadi lonjakan. Meski kami tetap berharap, lonjakan itu tidak sampai terjadi," kata Soni.

Saat ini, terdapat sejumlah ruangan yang sudah disekat terpisah dengan ruang perawatan medis lain. IGD khusus pasien Covid-19 juga dibuat terpisah dari pasien umum.

Jalur ambulans yang mengangkut pasien Covid-19 juga terpisah. Sementara jumlah tempat tidur dan ruangan akan ditambah menyesuaikan jumlah kasus yang ditangani.

"Jadi ambulans yang nantinya masuk maupun keluar ke IGD untuk pasien Covid-19, tidak sampai mengganggu dan pastinya terpisah dari jalur umum," ucap Soni.

Di setiap ruangan perawatan dan IGD pasien Covid-19, RSUD Ibnu sina juga meletakkan exaushter untuk mengolah udara. Alat itu, kata Soni, bisa membunuh virus di ruangan.

"Kami hanya berkaca dari pengalaman saat banyak kasus Covid-19 terjadi pada awal tahun kemarin, sehingga kami persiapkan sejak dini supaya bila nanti terjadi lonjakan dapat dilakukan pelayanan dan tindakan medis yang dibutuhkan secara maksimal," kata Soni.

Ketika disinggung mengenai varian omicron, Soni menyebut hingga hari ini pihaknya belum menemui atau bahkan merawat pasien dengan kasus varian baru.

Meski begitu, RSUD Ibnu Sina siap jika memang nantinya ditemukan dan merawat pasien varian omicron.

"Tapi kami tetap berharap, jangan sampai ada kejadian itu dan merawat pasiennya. Semoga sampai nanti, tidak ada varian baru yang masuk ke Gresik," tutur Soni.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/01/075211778/antisipasi-lonjakan-kasus-covid-19-rsud-gresik-siapkan-300-tempat-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke