Salin Artikel

Sederet Fakta Penangkapan Temianus Magayang, Pentolan KKB di Yahukimo

KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi berhasil menangkaap salah satu pentolan kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Temianus Magayang, Sabtu (17/11/2021).

Temianus ditangkap di sekitar PT Indopapua, tepatnya di Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan dari tangan Temianus yang diduga terlibat dalam aksi teror dan pembunuhan di Papua.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Disergap di jalan

Tim Satgas Nemangkawi yang dipimpin oleh Katim Satgas-i Unit Yahukimo, AKP I Nengah S Gapar bergerak menuju lokasi sasaran sekitar pada pukul 10.45 WIT.

Operasi penyergapan yang didukung oleh tim Polres Yahukimo tiba di lokasi pukul 11.40 WIT.

Di lokasi, petugas melihat mobil Hilux yang ditumpangi Temianus. Tim segera bergerak cepat menyergap dan menangkap buronan tersebut.

Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani menjelaskan, Temianus terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba melawan petugas.

Setelah itu, Temianus segera digelandang ke Polres Yahukimo dan selanjutnya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dekai untuk mendapatkan perawatan.

"Dia melawan, jadi terpaksa ditembak," ujarnya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (28/11/2021).


3. Barang bukti

Dalam penangkapan itu, Satgas Nemangkawi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain satu pucuk senjata api pendek rakitan, 8 butir amunisi, 1 unit ponsel, dan 2 buah dompet.

Lalu ada satu unit HT merk Motorola, satu unit pisau, tiga bungkus rokok anggur kupu dan satu unit kalung bercorak bintang kejora.

Sementara itu, itu amunisi diketahui memiliki 8 butir kaliber 5,56 dan kaliber 7,62 satu butir.

Seperti diberitakan sebelunya, Temianus diketahui terlibat sejumlah kasus dugaan pembunuhan, antara lain pembunuhan staf KPU Yahukimo Henry Yovinski pada 2020.

Lalu Temianus diduga dalang pembunuhan Muhammad Toyib di jalan bandara, dan pembunuhan dua prajurit Batalyon Infanteri Lintas Udara 432 Kostraddi ujung Bandara Nop Goliat Dekai.

Selain itu, Temianus diketahui merekrut Tendius Gwijangge untuk datang ke Yahukimo dan melakukan serangkaian aksi bersama Senat Soll.

Nama terakhir merupakan pecatan anggota TNI yang lari ke Yahukimo akibat terlibat aksi jual beli amunisi dengan KKB di Kabupaten Mimika pada 2018.

Sedangkan Senat Soll sudah meninggal di Jayapura pada 26 September 2021 karena luka tembak di kaki yang dideritanya saat ditangkap di Dekai pada 1 September 2021. 

(Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: Priska Sari Pratiwi, Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/28/160219678/sederet-fakta-penangkapan-temianus-magayang-pentolan-kkb-di-yahukimo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke