Salin Artikel

Selidiki Kebakaran di Galangan Kapal Tegal, Tim Labfor Polda Jateng Diterjunkan

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat mengatakan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah telah turun ke lapangan untuk melakukan identifikasi penyebab kebakaran.

"Kami masih menunggu hasil Tim Labfor di lapangan yang masih bekerja untuk membantu penyelidikan," kata Rahmad saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/11/2021).

Selain sedang mengidentifikasi, polisi juga telah meminta keterangan sejumlah saksi-saksi. Di antaranya petugas keamanan di galangan kapal.

Disampaikan Rahmad, saat ini titik api sudah dipadamkan.

Kendati demikian, karena kapal terbuat dari bahan mudah terbakar masih berpotensi menimbulkan api baru.

Untuk mengantisipasi kebakaran susulan, pihaknya masih terus melakukan pemantauan di lapangan dan berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran.

"Memang masih ada potensi kebakaran, karena bahannya mudah terbakar, ada kayu, fiber, jaring. Maka demi keselamatan harus kita pastikan. Karena ketika kena angin kencang masih bisa nyala. Namun kita terus memantau di lapangan," kata Rahmad.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa kebakaran hebat melanda galangan kapal di Jalan Bali, Kota Tegal, Jawa Tengah, Rabu (17/11/2021).

Sedikitnya 15 kapal dilaporkan sementara hangus terbakar. Kebakaran yang terjadi sejak pukul 01.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB itu belum juga teratasi.

Sulitnya akses masuk mobil pemadam kebakaran menjadi kendala tersendiri bagi petugas untuk memadamkan api.

Selain itu, kapal yang bersandar berimpitan dan sulit keluar dari kolam perbaikan. Sudah belasan mobil pemadam kebakaran diterjunkan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat bahkan sampai terjun ke lokasi untuk memastikan kebakaran bisa segera ditangani dan tidak memakan korban jiwa.

Apalagi, lokasi galangan kapal berdekatan dengan pemukiman warga.

"Petugas dibantu masyarakat masih terus berupaya memadamkan api yang sampai saat ini masih terus menyala di beberapa kapal yang berada di galangan kapal ini," kata Rahmad di lokasi, Rabu

Hasil laporan sementara, kata Rahmad setidaknya ada 15 kapal yang hangus terbakar. Kebakaran terjadi awalnya di salah satu kapal nelayan sekitar pukul 01.30 WIB.

"Diperkirakan pukul 01.30 WIB salah satu kapal terbakar dan menyebar ke kapal yang lain. Penyebaran terjadi cukup cepat karena faktor angin yang cukup besar serta kapal kapal yang berimpitan dan sulit digeser," kata Rahmad

https://regional.kompas.com/read/2021/11/18/115530678/selidiki-kebakaran-di-galangan-kapal-tegal-tim-labfor-polda-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke