Salin Artikel

Massa Bongkar Paksa Rumah Warga di Jeneponto Usai Pilkades, Ini Cerita Lengkapnya

KOMPAS.com - Setidaknya ada delapan rumah milik warga di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dibongkar paksa sekelompok orang, Selasa (16/11/2021).

Menurut polisi, sekelompok orang itu diduga pendukung salah satu calon pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar pada Senin (15/11/2021).

"Ada kesepakatan sebelumnya antara pemilik tanah dengan pemilik rumah untuk mendukung salah satu calon kepala desa. Namun, karena pemilik rumah tidak memilih calon yang didukung oleh pemilik tanah sehingga dilakukan pembongkaran," kata Kepala Kepolisian Sektor Bangkala Iptu Asrullah saat dikonfirmasi, Rabu (17/11/2021) malam.

Videonya viral di media sosial

Dalam rekaman video yang viral di media sosial, seseorang yang diduga anggota kelompok sempat berteriak memarahi pemilik rumah.

"Rasakan siapa suruh pilih yang lain cuma gara gara uang lima puluh ribu" teriak seseorang dalam video. 

Sementara itu, aparat kepolisian saat ini masih berjaga-jaga di sekitar lokasi untuk menghindari bentrokan antarwarga.

Menurut Asrullah, pemilik tanah menyebut ada beberapa rumah yang akan dibongkar paksa.

"Dari hasil keterangan pemilik tanah bahwa masih ada rumah di atas lahan tersebut yang akan dibongkar. Namun, kami sudah melakukan langkah persuasif agar pemilik rumah diberikan kesempatan untuk membongkar sendiri rumahnya," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi massa membongkar paksa rumah warga itu terjadi pada Selasa dan rekaman videonya viral di media sosial.

(Penulis: Kontributor Bone, Abdul Haq | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/18/093922178/massa-bongkar-paksa-rumah-warga-di-jeneponto-usai-pilkades-ini-cerita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke