Salin Artikel

Hendak Pulang Kampung, Perempuan Ini Melahirkan Darurat di Mobil Polisi, Begini Ceritanya

KOMPAS.com - Seorang perempuan bernama Watriyah (20) melahirkan secara darurat di mobil Patroli Jalan Raya (PJR) di Tol Palikanci Cirebon, Jawa Barat, Rabu (17/11/2021) siang.

Meski menjalani persalinan di tengah kondisi darurat di dalam mobil polisi, sang Ibu dan bayinya dalam kondisi sehat dan selamat.

“Untuk kondisi si Ibu, alhamdulillah sehat, anaknya pun sehat juga. Saya lihat tadi langsung ditangani oleh bidan Puskesmas Ciperna,” kata Kepala Unit VIII PJR Palikanci-Pejagan Satuan PJR Ditlantas Polda Jabar AKP Aries Riyanto kepada Kompas.com saat ditemui di kantornya, Rabu.

Diceritakan Aries, perempuan tersebut sedang melakukan perjalanan pulang kampung dari Jakarta menuju Pekalongan, Jawa Tengah.

Dia pulang bersama suaminya bernama Sugiri (32), serta putranya yang berusia 2,5 tahun.

"Kata suaminya, mereka pulang ke Pekalongan niatnya untuk persalinan di sana. Ternyata kontraksi lebih awal dan melahirkan di tengah perjalanan,” ungkapnya.


Saat di Kilometer 214 Tol Palimanan-Kanci, sambungnya, bus yang ditumpangi perempuan itu tiba-tiba berhenti di depan mobil PJR-nya.

"Tidak lama, kernet keluar sambil berlari, 'tolong Pak, minta tolong, itu ada penumpang mau melahirkan',” ujarnya.

Mengetahui itu, Aries kemudian memanggil petugas PJR lainnya untuk bersama-sama mengevakuasi perempuan itu ke dalam mobil patroli.

Kemudian, ia menuju ke Gerbang Tol Cipema Timur untuk menuju Puskesmas Ciperna.

Di tengah perjalanan menuju puskesmas, Aries mendengar perempuan itu menjerit.

Peristiwa itu terjadi ketika masih di dalam tol, beberapa jarak sebelum pintu keluar.

“Sesampai di Puskemas Ciperna, langsung saya panggil tim medis, kemudian diambil tindakan. Ternyata bayi tersebut sudah keluar. Dimungkinkan, si ibu itu melahirkan di dalam mobil patroli,” ungkapnya.

Beberapa menit setelah penanganan medis, sang Ibu bersama suami dan anaknya kembali melanjutkan perjalanan pulang kampung ke Pekalongan, Jawa Tengah.

 

(Penulis : Kontributor Kompas TV Cirebon, Muhamad Syahri Romdhon | Editor : Abba Gabrillin, I Kadek Wira Aditya)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/18/081806378/hendak-pulang-kampung-perempuan-ini-melahirkan-darurat-di-mobil-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke