Salin Artikel

9 Orang Luka Berat Setelah Lift Kargo Proyek Apartemen Terjun Bebas dari Lantai 21, Polisi Lakukan Penyelidikan

KOMPAS.com - Sembilan orang pekerja proyek pembangunan di Apartement Maybay Lampung mengalami luka berat setelah lift kargo yang mereka naiki jatuh dari lantai 21, Selasa (16/11/2021).

Beruntung, dalam peristiwa itu tidak ada korba jiwa.

Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

"Tim Inafis dari Satreskrim Polresta Bandar Lampung masih olah TKP. Nanti setelah selesai baru dapat disimpulkan apakah ada unsur kelalaian hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja tersebut," kata Kepala Bidang Humas Polda Lampung Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad melalui keterangan pers, Rabu (17/11/2021) malam.

Kata Pandra, dari hasil penyelidikan sementara pihaknya, lift kargo (alimak) itu dinaiki sesuai dengan beban batas maksimal yakni 15 orang.

Sedangkan pada saat kecelakaan kerja terjadi, lift alimak itu hanya diisi oleh 9 orang pekerja.

Diduga, mesin lift alimak itu mengalami masalah sehingga terjatuh ke lantai dasar hingga mengakibatkan 9 orang luka berat.

Kata Pandara, semua korban jatuh tersebut semua biayanya akan dijamin oleh pihak kontraktor hingga pulih. Dalam pembangunan itu, sambungnya, yang diberi tanggung jawab yakni PT Nusa Raya Cipta.

"Saat ini, 9 orang pekerja proyek yang mengalami luka-luka sedang mendapatkan perawatan intensif dari pihak perusahaan di Rumah Sakit Budi Medika Bandar Lampung," ujarnya.


Kesaksian warga

Dikutip dari Tribunnews.com, menurut keterangan wrga sekitar bernama Mandala (30), saat peristiwa itu ia sedang berada di rumahnya.

Kemudian, dirinya mendengar suara dentuman keras dari belakang rumahnya, sekitar pukul 09.00 WIB. Mendengar itu, ia langsung keluar untuk melihatnya.

"Saya kira gedungnya ambruk lagi. Ternyata cuma lift-nya yang jatuh ke bawah," kata Mandala, dikutip dari Tribunnews.com.

Sebelum lift itu jatuh, kata Mandala ia juga sempat mendengar suara gemuruh seperti tanah longsor.

Menurutnya, lift yang terjun bebas itu berisi 11 pekerja. Akibatnya, 9 pekerja dikabarkan mengalami luka-luka.

"Kalau korban meninggal ada atau gak saya kurang tahu. Tapi, yang jelas, setelah lift jatuh, karyawan yang lagi kerja melihat ke arah bawah semua," ujarnya.

 

(Penulis : Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor : Abba Gabrillin)/Tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 9 Pekerja Berada di Lift yang Terjun Bebas dari Lantai 21 di Bay Apartement Lampung

https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/225148678/9-orang-luka-berat-setelah-lift-kargo-proyek-apartemen-terjun-bebas-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke