Salin Artikel

Bali Lakukan Pengetatan di 94 Objek Wisata Jelang Natal dan Tahun Baru

Plt Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun menjelaskan, pengetatan dilakukan untuk mengantisipasi adanya kasus Covid-19 seiring kedatangan wisatawan.

Bahkan pihaknya telah menyiapkan SOP bagi wisatawan asing yang datang ke Bali.

"SOP untuk wisatawan mancanegara saat tiba di Pulau Dewata Bali antara lain pemeriksaan dokumen perjalanan, surat vaksin, PCR, kemudian wisman tersebut akan dibawa menuju hotel untuk dikarantina," ujarnya, dilansir dari Antara.

Sudah CHSE

Menurutnya, 94 objek wisata tersebut sudah mempunyai sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability).

Mereka pun siap memberlakukan pengetatan bagi pelancong untuk menghindari klaster penyebaran virus COVID-19 di objek wisata.

"Memperketat CHSE di objek wisata dimulai dari pintu masuk, petugas menyiapkan alat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh bagi wisatawan, kemudian mereka diwajibkan pengisi aplikasi PeduliLindungi yang sudah terpasang di objek wisata tersebut," katanya.

Usul karantina satu hari

Sedangkan pengetatan bagi wisatawan mancanegara yakni dengan melakukan karantina.

Tjok mengusulkan karantina yang semula tiga hari dipercepat menjadi satu hari agar minat wisatawan ke Bali semakin besar.

Provinsi Bali juga mengusulkan lima negara tambahan setelah mengizinkan 19 negara masuk ke Indonesia, khususnya Bali.

Lima negara tersebut adalah Australia, Amerika Serikat, Rusia, Jerman dan Inggris.


Tjok Bagus menambahkan saat ini pariwisata Bali harus digarap dengan lebih serius lagi untuk menuju pariwisata budaya Bali yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Membangun pariwisata budaya Bali, ibarat membangun rumah dengan 5 pilar, yaitu akademisi, bisnis, community, government dan media (abcgm)," kata dia.

Menurutnya, kelima pilar ini saling dukung dan memiliki tujuan yang sama untuk kemajuan bersama.

"Maka pariwisata Bali pasti akan kuat, kokoh dan tentu akan terwujud pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," pungkas Tjok Bagus.

Sumber: Antara

https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/202228078/bali-lakukan-pengetatan-di-94-objek-wisata-jelang-natal-dan-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke