Salin Artikel

Komplotan Pencuri Modus Pecah Kaca Mobil Lintas Provinsi Ditangkap di Lampung, Pernah Curi Rp 400 Juta di PIK Jakarta Utara

Komplotan kejahatan lintas provinsi ini pernah mencuri Rp 400 juta di PIK Jakarta Utara.

Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad (Pandra) mengatakan, dua pelaku yang telah ditangkap adalah AN dan AR.

Keduanya ditangkap oleh tim gabungan Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Lampung dan Tim Kejar Bandit (Tekab) 308 Polres Lampung Utara pada Jumat (12/11/2021).

"Kedua pelaku ini dari komplotan yang sama yakni pencurian dengan modus pecah kaca dan gembos ban," kata Pandra, Senin (15/11/2021).

Pelaku AN dan AR ini ditangkap di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Pandra menambahkan, komplotan ini berjumlah sembilan orang termasuk dua pelaku yang telah ditangkap.

"Tujuh orang lainnya masih dalam pengejaran aparat kepolisian," kata Pandra.

Menurut Pandra, peran AN dan AR ini memantau dan mencari target di bank, kemudian membuntuti calon korban sampai di tempat eksekusi.


Kronologi pencurian terakhir

Direktur Ditkrimum Polda Lampung, AKBP Reynold Hutagalung mengungkapkan, pencurian terkini yang dilakukan oleh komplotan tersebut adalah mencuri uang sebesar Rp 165 juta di Lampung Utara.

Pada hari kejadian, Senin (1/11/2021) korban bernama Anton mengambil uang di Bank BRI Kotabumi. Setelah mengambil uang, korban mengantarkan kerabatnya ke sebuah klinik.

"Dalam perjalanan ke klinik, kendaraan korban mengalami masalah, bannya kempis, kemudian korban memarkirkan mobilnya untuk menambal ban," kata Reynold.

Begitu korban kembali ke mobil, kaca belakang mobilnya sudah pecah dan uang sebanyak Rp 165 juta telah raib.

Reynold menambahkan, dari keterangan awal dua pelaku yang telah ditangkap, diketahui komplotan ini juga sempat beraksi di wilayah Jakarta pada November 2021.

"Bersama 7 orang lainnya, mereka pernah melakukan pencurian di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara yang terjadi di tanggal 10 November 2021 dengan kerugian 400 juta", kata Reynold.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/123801678/komplotan-pencuri-modus-pecah-kaca-mobil-lintas-provinsi-ditangkap-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke