Salin Artikel

Operasi Zebra Candi 2021 di Solo, Polisi Sasar Warga Tak Pakai Masker dan Berkerumun

SOLO, KOMPAS.com - Aktivitas masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes), seperti berkerumun, tidak memakai masker akan menjadi sasaran dalam operasi zebra candi 2021.

Operasi zebra candi 2021 akan berlangsung mulai Senin (15/11/2021) dan berakhir pada Minggu (28/11/2021).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Solo Kompol Adhityawarman Gautama Putra menjelaskan, operasi zebra candi melibatkan instansi terkait meliputi Dinas Perhubungan (Dishub), Polisi Militer (PM) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Ada ratusan personel yang diterjunkan selama pelaksanaan operasi zebra candi 2021 di Solo.

"Prinsipnya kita menekankan kepada pencegahan Covid-19 supaya tidak ada gelombang ketiga," kata Adhitya seusai apel operasi zebra candi 2021 di Mapolresta Solo, Senin.

Menurut Adhitya patroli akan digencarkan selama pelaksanaan operasi zebra candi secara gabungan.

Pihaknya juga menekankan petugas dilarang melaksanakan giat razia, pemeriksaan surat-surat kendaraan bermotor serta tindakan lainnya yang tidak simpatik.

Sebaliknya, petugas harus mengedepankan sikap humanis dalam upaya mengingatkan masyarakat yang sudah mulai abai terhadap protokol kesehatan.

"Terutama kumpulan-kumpulan masyarakat yang sudah mulai lupa menggunakan masker, dan tidak mematuhi prokes," ungkap Adhitya.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, selama pelaksanaan operasi zebra candi tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personel dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.

Kemudian selama pelaksanaan operasi zebra candi tahun 2021 tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas/tilang.

"Namun seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan prefentif yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/15/104146978/operasi-zebra-candi-2021-di-solo-polisi-sasar-warga-tak-pakai-masker-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke