Salin Artikel

Panglima TNI Serahkan 53 Rumah pada Ahli Waris Pahlawan KRI Nanggala-402

Penyerahan 53 rumah tersebut dilakukan di Desa Kedung Kendo, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (11/11/2021).

Penyerahan 53 rumah kepada ahli waris itu juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Pangdam V Brawijaya, dan Kapolda Jatim.

Hadi Tjahjanto mengatakan, perumahan ini dibangun berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo sebagai bentuk penghargaan tinggi pemerintah terhadap para pahlawan yang telah gugur di medan tugas.

Selain penyerahan kunci, Panglima TNI juga menandatangani Prasasti Perumahan Pahlawan sebagai tanda perumahan tersebut telah resmi diberikan kepada ahli waris prajurit KRI Nanggala-402.

"Pemerintah melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan TNI AL melaksanakan pembangunan 53 unit rumah yang terdiri dari 1 unit rumah tipe 90 dengan luas tanah 320 m² yang diperuntukkan bagi Perwira Tinggi," kata Hadi di Sidoarjo, Kamis.


Pembangunan sejak Agustus

Selain itu, terdapat tujuh unit rumah tipe 72 dengan luas tanah 280 m² bagi Perwira Menengah, 10 unit rumah tipe 54 dengan luas tanah 280 m² bagi Perwira Pertama, serta 35 unit rumah tipe 45 dengan luas tanah 240 m² bagi prajurit Bintara dan Tamtama.  

"Proses pembangunan perumahan yang telah dilaksanakan sejak tanggal 23 Agustus, di atas tanah seluas kurang lebih 2 hektar ini telah mencapai 38,6 persen dan ditargetkan akan rampung secara keseluruhan pada 21 Desember 2021 mendatang," ujar Hadi.

Ia menyampaikan bahwa gugurnya 53 Pahlawan KRI Nanggala pada 21 April 2021 lalu, menjadi sebuah kehilangan, tidak hanya bagi keluarga besar Hiu Kencana, tetapi seluruh bangsa Indonesia.

Bahkan, kata Hadi, hingga detik ini para awak KRI Nanggala akan terus dikenang sebagai pahlawan, para prajurit yang gagah berani yang sedang melaksanakan patroli abadi di kedalaman laut.

"Kita semua tentu berharap semoga penyerahan perumahan ini akan banyak memberikan manfaat bagi ahli waris," kata Hadi.

"Memang kepergian para pahlawan Nanggala tidak akan tergantikan oleh apapun, akan tetapi kita harus terus melanjutkan semangat pengabdian dan keberanian para pahlawan Nanggala," imbuhnya.

Panglima TNI juga berharap agar perumahan ini dapat digunakan untuk membesarkan anak-anak para prajurit KRI Nanggala-402.

"Sehingga, sebagai anak pahlawan dapat meraih cita-cita yang lebih tinggi lagi sesuai dengan harapan orangtua mereka," tutur Hadi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/11/151322878/panglima-tni-serahkan-53-rumah-pada-ahli-waris-pahlawan-kri-nanggala-402

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke