Salin Artikel

Perbaiki Drainase, 2 Pekerja Proyek Tewas Tertimpa Reruntuhan

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak dua pekerja proyek tewas tertimpa reruntuhan tanah dan bangunan akibat longsor saat mengerjakan perbaikan drainase di Kelurahan Bukit Cangang, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

Adapun keduanya bernama Yorsi Saputra asal Kabupaten Pasaman dan Ari Saputra asal Kabupaten Agam.

Kepala BPBD Kota Bukittinggi, Ibentaro Samudra mengatakan, kejadian itu terjadi pada Senin (8/11/2021).

"Iya, dua orang pekerja terjepit di lubang drainase akibat longsoran tanah saat melakukan pekerjaan perbaikan drainase," ungkapnya dikutip dari Tribunnews Padang, Selasa (9/11/2021).

Ia mengatakan, berdasarkan keterangan saksi di lapangan, pihaknya mengetahui peristiwa itu terjadi pada Senin sekitar pukul 15.00 WIB.

Saat itu, salah satu pekerja proyek bernama Joni (34) mendengar adanya bunyi gemuruh pada tanah di atas galian drainase, sementara empat pekerja proyek sedang ada di bawah galian drainase. 

Namun, sebanyak dua orang pekerja berhasil menyelamatkan diri. Sementara dua orang lainnya tidak sempat keluar dari lubang galian.

"Selanjutnya dilakukan evakuasi bersama-sama dengan pihak terkait. Proses evakuasi berlangsung hingga pukul 17.02 WIB," ungkap Ibentaro.

Ia menambahkan, kejadian ini terjadi karena tingginya curah hujan akibat pengaruh La Nina sehingga menimbulkan longsor.

"Saat ini seluruh Kabupaten Kota di Sumatera Barat sesuai Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat tentang imbauan Siaga Darurat Bencana Hydrometeorologi," ungkapnya.


Sementara itu, Kasi Humas Polres Bukittinggi AKP Sitinjak mengatakan, pihaknya sudah mendatangi lokasi kejadian di Bukik Cangang RT 04/RW 02, Kelurahan Bukik Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumbar.

"Personel SPKT sudah mendatangi lokasi kejadian. Korban tertimpa reruntuhan ketika sedang  membuat drainase di lokasi tersebut. Selanjutnya, dilakukan evakuasi dan ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, para korban kemudian langsung dibawa ke RSUD Bukittinggi dan diserahkan kepada pihak keluarga.

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Dua Pekerja di Bukittinggi Meninggal Dunia,Tertimbun Reruntuhan, Polisi: Korban Perbaiki Drainase.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/09/154512378/perbaiki-drainase-2-pekerja-proyek-tewas-tertimpa-reruntuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke