Salin Artikel

11 Ekor Burung Cenderawasih Dilepasliarkan di Taman Wisata Alam Kota Sorong

Burung cenderawasih yang dilepas itu di antaranya, lima cenderawasih kuning kecil (Paradisaesa minor), dua cenderawasih raja (Cicinnurus regius), tiga cenderawasih toowa cemerlang (Ptiloris magnificus), dan satu cenderawasih mati kawat (Seleucidis melanoleucus).

Selain itu, petugas melepas tiga burung kakaktua jambul kuning (Cacatua sulphurea) dan satu burung nuri kepala hitam (Lorius lory).

Satwa tersebut telah menjalani rehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke TWA Kota Sorong.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat Budi Mulyanto mengatakan, satwa yang dilepas itu sebagian merupakan kiriman dari BBKSDA Jawa Timur. Sebagian lainnya, merupakan hasil operasi BBKSDA di wilayah Sorong dan sekitarnya.

Budi berterima kasih kepada PT Kilang Pertamina Internasional unit Kasim yang membantu pelepasliaran satwa liar endemik Papua Barat itu.

Manajer Unit Komunikasi, Relasi, dan CSR PT Kilang Pertamina Internasional unit Kasim Dodi Yapsenang mengatakan, perusahan mendukung pelaksanaan program BBKSDA di Taman Wisata Alam Sorong.

"Seperti pelepasliaran satwa, (pelayanan) klinik satwa, dan penyediaan kandang untuk rehabilitasi satwa yang dalam proses," kata Dodi seperti dikutip dari Antara, Senin.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/162533878/11-ekor-burung-cenderawasih-dilepasliarkan-di-taman-wisata-alam-kota-sorong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke