Salin Artikel

"Saya Melihat Anak Vanessa Merangkak dan Menangis, lalu Saya Gendong"

Beberapa warga yang berada di bawah jalan tol Jombang-Mojokerto, berinisiatif naik ke tol lantaran mendengar kerasnya suara benturan.

Salah satu warga yang turut naik, yakni Aris Ali (39), pedagang buah nanas di Underpass Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Melihat Gala merangkak

Aris menuturkan, saat kejadian dia sedang menggelar dagangannya di bawah jalan tol Jombang-Mojokerto.

Setelah mendengar benturan keras di atas tempatnya berjualan, dia bersama beberapa warga naik ke jalan tol melalui tanggul.

Saat di jalan tol, Aris menyaksikan sebuah mobil Pajero warna putih mengalami kerusakan parah pada bagian depan dan bodi kiri.

Dia juga melihat sosok perempuan tergeletak di atas jalan tol. Saat itu Aris tak tahu bahwa dia adalah Vanessa Angel.

Di dekatnya, berjarak sekitar tiga meter, ada sosok balita yang menangis dan merangkak.

"Saya naik (ke jalan tol), melihat anaknya Vanessa merangkak dan menangis, dari depan mobil. Anaknya saya gendong tak kasihkan ke sopirnya," kata Aris kepada Kompas.com, Senin (8/11/2021).

Dia mengaku, tidak mengetahui bagaimana situasi detail, sehingga Vanessa dan anak balitanya, Gala Sky berada di luar mobil.

"Posisi bayi di luar mobil. Enggak tahu, saya tahunya sudah di luar. Jarak sama mobil sekitar dua meteran. Jarak sama Vanessa tiga meteran," ungkap Aris.

Sementara di dalam mobil Pajero warna putih, lanjut dia, terdapat sosok laki-laki di kursi depan sebelah kiri, serta sosok perempuan di kursi belakang sebelah kanan.

Adapun sang pengemudi, Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya, keluar dari mobil saat Aris dan beberapa temannya memasuki jalan tol.

"Dua orang masih di dalam mobil, dua di luar. Yang di luar itu Mbak Vanessa sama anaknya, sama sopirnya baru keluar," kata Aris.

Aris sempat berkomunikasi dengan pengemudi mobil keluarga Vanessa saat akan menyerahkan anak Vanessa.

Karena cuaca panas dan hendak menelepon keluarga, sang pengemudi meminta bantuan untuk menggendong dan membawa Gala ke tempat teduh.

Aris dan beberapa warga yang naik ke jalan tol, meminta bantuan kepada pengguna jalan yang melintas.

Pengendara mobil warna abu-abu menghentikan kendaraannya. Anak Vanessa kemudian dititipkan dan diletakkan di kursi depan.

"Yang masukkan bayi ke mobil warna abu-abu, saya. Saya titip karena kasihan. Anaknya sadar, nangis, saya gendong nangis terus," ujar Aris.

Setelah menitipkan anak Vanessa, Aris dan beberapa warga berusaha membantu evakuasi korban dan mengatur lalu lintas hingga polisi datang ke lokasi.

Saat polisi datang, bayi Vanessa yang sebelumnya berada di dalam mobil keluarga warna abu-abu, digendong oleh Ansori, lalu diserahkan kepada polisi.

Aris mengaku tidak mengetahui siapa pemilik mobil warna abu-abu yang bersedia menampung anak Vanessa usia terlempar dari mobil.

Saat itu sopir mobil warna abu-abu itu juga keluar dari kursi kemudi dan membantu mengatur laju kendaraan yang melintas di lokasi kejadian.

Pajero warna putih dengan Nopol B 1264 BJU yang ditumpangi keluarga Vanessa Angel, mengalami kecelakaan di ruas jalan tol di wilayah Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021) pukul 12.34 WIB.

Kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto tersebut menyebabkan Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah, meninggal dunia.

Sedangkan Tubagus Joddy yang merupakan sopir, anak Vanessa dan Siska Lorensa, asisten rumah tangga keluarga Vanessa Angel mengalami luka.

Kesimpulan sementara dari kepolisian, kendaraan yang dikemudikan Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24) menabrak pembatas pada sisi kiri jalan tol.

Polisi juga tidak menemukan adanya bekas pengereman di lokasi kecelakaan.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/144923178/saya-melihat-anak-vanessa-merangkak-dan-menangis-lalu-saya-gendong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke