Salin Artikel

Jelang Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, BBKSDA Sumut Lepasliarkan Induk dan Anakan Trenggiling

Satwa dilindungi itu berasal dari penyerahan warga kepada BBKSDA Sumut.

Kepada wartawan pada Rabu (3/11/2021) siang, Humas BBKSDA Sumut, Handoko Hidayat mengatakan, dua ekor trenggiling itu merupakan induk dan anaknya.

Trenggiling itu diserahkan oleh warga kepada lembaga konservasi, Medan Zoo atau Kebun Binatang Medan pada Sabtu (30/10/2021).  

"Kedua satwa liar dilindungi ini diserahkan oleh warga kepada lembaga konservasi binaan BBKSDA Sumut, Medan Zoo pada Sabtu 30 Oktober 2021. Kemudian pihak pengelola Medan Zoo menginformasikannya ke kita," kata Handoko. 

Selanjutnya pada Minggu (31/10/2021), petugas BBKSDA Sumut datang ke Medan Zoo mengevakuasi trenggiling tersebut.

Setelah dilakukan serah terima kepada Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Amenson Girsang, kedua trenggiling kemudian dibawa petugas ke TWA. Sibolangit untuk dilepasliarkan.

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Dijelaskannya, pelepasliaran tersebut menjadi momen spesial dalam rangka menjelang Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2021, yang setiap tahun diperingati pada tanggal 5 Nopember.

Melalui momen tersebut, masyarakat diajak untuk ikut peduli melindungi dan menjaga kelestarian satwa liar.

Menurutnya, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan menginformasikan atau menyerahkan satwa liar kepada petugas BBKSDA Sumut untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

"Melalui peranserta warga ini diharapkan keberlangsungan hidup dan populasi dari satwa liar dapat terus terjaga dan lestari," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/03/174105678/jelang-hari-cinta-puspa-dan-satwa-nasional-bbksda-sumut-lepasliarkan-induk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke