Salin Artikel

Petugas Rutan Gresik Hancurkan 135 Ponsel Sitaan, Dimasukkan ke Akuarium Berisi Air Asin di Depan Napi

Ponsel sitaan itu dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam akuarium berisi air asin pada Selasa (2/11/2021). Pemusnahan ponsel itu disaksikan sejumlah pihak, termasuk para warga binaan Rutan Gresik.

"Tujuannya (dimasukkan akuarium), memastikan prasangka buruk handphone itu balik ke warga binaan. Jadi disaksikan bersama," ujar Kepala Rutan Kelas IIB Gresik Aris Sakuriyadi, saat dihubungi, Selasa.

Aris menjelaskan, razia dan pemusnahan itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan pihak rutan memerangi penyelundupan ponsel ke Rutan Gresik. Sesuai aturan, warga binaan dilarang menggunakan ponsel.

"Jadi ini sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan dari kami dalam memberantas handphone. Karena handphone barang terlarang, dan banyak nilai negatif yang ditimbulkan," kata Aris.

Aris menegaskan, petugas rutan tak akan lelah memberantas peredaran ponsel selundupan milik warga binaan. Hal itu dilakukan agar suasana dan keamanan di Rutan Gresik tetap kondusif.

"Kami tidak akan pernah berhenti untuk melakukan razia dan penertiban, demi terciptanya Rutan Gresik yang kondusif dan aman dari barang-barang yang dilarang," tutur Aris.

Sebelum dimasukkan ke dalam akuarium berisi air asin, ponsel yang disita terlebih dulu dipukul menggunakan palu.

Setelah itu, petugas memasukkan ponsel ke akuarium berisi air asin untuk memastikan gawai itu tak berfungsi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/02/160923778/petugas-rutan-gresik-hancurkan-135-ponsel-sitaan-dimasukkan-ke-akuarium

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke