Salin Artikel

Anak Kepala Suku, Ini Sosok Fientje Suebu, Perempuan Papua Pertama yang Jadi Dubes Indonesia, 31 Tahun Berkarier di Kemenlu

Iai dilantik bersama 17 dubes lainnya oleh Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (25/10/2021).

Sebelum dilantik, Fientje Suebu dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan pada Senin (12/7/2021) hingga Rabu (14/7/2021).

Perempuan asal Papua tersebut ternyata sudah 31 berkarier di Kementerian Luar Negeri.

Anak dari kepala suku di Papua

Dikutip dari Peranperempuan.id, Fientje Suebu adalah anak perempuan satu-satunya di antara lima putra seorang kepala suku di Papua.

Ia sempat menempuh pendidikan di Sekolah Dinas Luar Negeri.

Sebelum dilantik sebagai Kedubes Selandia Baru, Fientje menjabat sebagai Wakil Kepala Perwakilan di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk India.

Ia menduduki jabatan tersebut sejak Februari 2018.

"Bangga dipercayakan dengan posisi ini dan ini merupakan kehormatan bagi saya dan keluarga untuk bisa melayani bangsa,” kata Fientje saat dihubungi melalui telepon dikutip dari Peranperempuan.id.

Ia mengaku tak menyangka akan menjadi seorang diplomat. Setelah lulus sekolah dinas, ia direkrut oleh Departemen Luar Negeri dan ia pindah ke Jakarta.

Fientje dan suaminya, Pendeta Philpus Sarwom memiliki tiga orang anak. Fientje mengaku tidak mudah menjalani peran sebagai seorang ibu dan diplomat.

Tugas mengharuskannya untuk melakukan perjalanan ke negara lain setiap tiga sampai empat tahun.

“Kami harus mengelola bermacam perbedaan budaya yang sangat besar, baik di sekolah dengan perbedaan mata pelajaran dan pekerjaan rumahnya,” ujarnya.

“Pada satu titik waktu keluarga diminta untuk pindah selama ujian sekolah, sebagai akibatnya anak-anak harus diturunkan kelasnya,” kata dia.

Karir Fientje didukung oleh sang suami yang memilih tinggal di Jakarta dengan tiga anaknya agar bisa menyelesaikan pendidikan.

Namun mereka menekankan rasa hormat dan cinta dari keluarga mereka.

Dengan karier yang ia dapatkan, Fietnje ingin menunjukkan bahwa orang Papua mampu berdaya seperti yang lainnya.

Fientje percaya bahwa perempuan Indonesia dan khususnya perempuan Papua dapat menjadi agen perubahan di bidangnya masing-masing.

Tidak hanya menduduki posisi eksekutif, legislatif atau yudikatif. Namun yang terpenting mampu bersaing dalam era globalisasi ini.

"Prestasi yang menghasilkan kebahagiaan. Kami berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam hidup ini dan merasa senang karenanya, baik di tempat kerja, di rumah, membesarkan keluarga dan memelihara hubungan, mendidik anak-anak, atau apapun yang mengarah pada kepuasan adalah kesuksesan," kata dia.

“Posisi Beliau (Fientje) menjadi Dubes Selandia Baru ini sangat strategis, karena di wilayah Pasifik, Papua (merupakan) salah satu provinsi paling ujung Indonesia, sebagai pintu masuk perdagangan dan perekonomian," kata Jeri saat dihubungi melalui telepon, Kamis (28/10/2021).

Menurutnya, Fientje telah memberikan dedikasi penuh selama berkarier di Kemenlu.

Dirinya juga menekankan bahwa, terpilihnya Fientje Suebu sebagai Duta Besar RI untuk Selandia Baru, bukan hanya dilihat karena keberbihakan terhadap Orang Asli Papua (OAP).

Tetapi menurutnya, karena memang kelayakan kompeten dan perjalanan karir seorang Fientje Suebu, yang telah dirintisnya sejak lama di dunia diplomat.

"Bukan semata-mata diangkat saja, tetapi ada track record-nya yang baik, dan data terakhir beliau itu, selaku Wakil Duta Besar RI untuk India," paparnya.

Jeri menjelaskan, posisi dubes menjadi strategis lantaran pemerintah tengah gencar menggelar Pacific Exposition, yaitu ajang perkenalan perekonomian dan perdagangan Indonesia, khususnya Papua, untuk daerah Pasifik.

Mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Jeri berharap, keberadaan Fientje sebagai Dubes Selandia Baru dapat memberi warna bagi diplomasi Indonesia di wilayah Pasifik.

“Kami Papua ikut berpartisipasi (dalam acara Pacific Exposition) dan ada beberapa hal yang akan kami tampilkan secara virtual nanti. Tentunya harapan kami, bersama stakeholder pemerintah pusat terlebih dengan Pemprov Papua, dapat melanjutkan event itu," tutur Jeri.

Ia pun berharap, acara yang melibatkan regional Papua akan terus bertambah.

Sementara itu Ketua Angkatan Dubes RI 2021, Lena Maryana Mukti menjelaskan jika Fientje memang sudah ditunjuk Presiden menjadi Dubes Selandia Baru, namun statusnya masih menunggu karena pelantikannya masih menunggu persetujuan dari Pemerintahan Selandia Baru.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana | Editor : Amalia Purnama Sari), Peranperempuan.id, Tribun Papua

https://regional.kompas.com/read/2021/10/29/100100678/anak-kepala-suku-ini-sosok-fientje-suebu-perempuan-papua-pertama-yang-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke