Salin Artikel

Insos of Papua, Karya Desainer Magelang Sukses Pukau Pencinta Mode di New York

Berkat kejelian dan kreativitasnya dalam mengangkat simbol dari seni budaya Papua dan Borneo pada busana-busana karyanya, Indah melenggang di catwalk dua perhelatan fashion di New York, pertengahan September 2021.

Indah mengungkapkan kecintaannya pada tanah Papua dan Borneo, meskipun ia lahir dan besar di pulau Jawa.

Menurut Indah, dua pulau di Indonesia itu amat kaya akan seni budaya yang dapat digali dan menjadi inspirasi untuk karya apa pun, tidak terkecuali fesyen mode.

"Pemikiran saya itu, dulu banyak ya desainer-desainer senior-senior gitu, kalau show ke luar negeri itu yang dibawa hanya batik, tenun, lurik. Padahal kita di Indonesia enggak hanya itu. Di Indonesia bagian timur sana kalau kita angkat motif khan keren-keren juga, enggak kalah kerennya gitu, terutama Papua," ungkap Indah, ditemui di Kabupaten Magelang, Kamis (27/10/2021).

Di perhelatan bergengsi bertajuk New York City (NYC) LIVE at Fashion Week, Indah bekerja sama dengan tokoh perempuan Papua bernama Rosaline Rumaseuw, memamerkan 24 karya busana dengan motif seni budaya bumi Cenderawasih.

Indah mengusung tema Insos of Papua (gadis Papua) yang menonjolkan motif Papua bercorak perak dalam rancangan mode jaket kasual untuk pria, dan corak-corak kuning keemasan untuk gaun malam wanita.

Di akhir penampilan, audiens terpukau dengan final look busana yang dibawakan langsung oleh seorang gadis Papua.

"Papua punya banyak ukiran-ukiran berada dalam rumah itu, itu juga bermakna juga. Nah saya berpikir kalau saya tuangkan dalam kain di atas kain itu khan bagus, enggak kalah keren. Sama yang di borneo juga," kata Indah, alumni SMK Pius IV Kota Magelang, Jawa Tengah, itu.

Demikian juga Indah, ia pun sudah bercita-cita akan membawa Papua dan Borneo jika berkesempatan ke luar negeri.

"Sejak dulu saya bercita-cita. Suatu saat kalau diundang show di luar negeri saya akan bawa Papua dan borneo. Itu memang sudah menjadi prioritas utama saya untuk saya angkat ke sana," ujar Indah.

"Nah kebetulan kok Allah mengabulkan doa saya ya melalui William Michael Reid (President and CEO NYC LIVE at Fashion Week) ini. Dia ngundang saya gitu setelah lihat saya live di IG waktu melukis," lanjut Indah. 

Selain di NYC LIVE at Fashion Week, Indah juga memamerkan rancangan mode di New York Indonesia Fashion Week di Konsulat Jenderal RI New York.

Di ajang itu, Indah menampilkan 15 looks rancangan mode dengan tema motif Papua dan Borneo.

Kini wanita yang sudah menetap di Jakarta itu, tengah menyelesaikan rancangan mode untuk dua presenter Pekan Paralympic Nasional 2021 di Papua.

Selain itu, melambungnya nama desainer Indah Darry membuat beberapa selebritas tanah air memesan mode bermotif Papua dan Borneo. 

Indah yang sudah bergelut di dunia rancangan mode sejak 1984 itu menitipkan pesan kepada desainer muda Indonesia untuk tidak pantang menyerah berkarya.

Apalagi era sekarang sangat dimudahkan dengan teknologi informasi.

Ini berbeda dengan ketika Indah mulai merintis karier yang membutuhkan perjuangan keras bisa mengikuti sebuah fashion show. 

"Sekarang itu ada medsos, manfaatkan itu sebaik-baiknya untuk memamerkan karya, menggali ilmu. Saya bisa ke New York pun berkat medsos. Beda banget jaman saya dulu, betul-betul butuh perjuangan kalau mau ikut fashion show dan dikenal masyarakat," tutup Indah.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/28/082453078/insos-of-papua-karya-desainer-magelang-sukses-pukau-pencinta-mode-di-new

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke