Salin Artikel

Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 700 Meter

LEMBATA, KOMPAS.com - Gunung api Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT, hingga kini masih terus erupsi.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, Yeremias Kristianto Pugel, menerangkan, pada periode Selasa (26/10/2021) dari pukul 00.00 hingga 06.00 Wita, teramati dua kali letusan dengan tinggi 300-700 meter dan warna asap putih, kelabu, dan hitam.

"Letusan disertai gemuruh lemah," terang Yeremias dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa siang.

Ia menjelaskan, tingkat aktivitas gunug api Ile Lewotolok masih pada level III (Siaga).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat di sekitar maupun pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak/kawah.

Masyarakat Desa Jontona yang menjadi wilayah terdekat dengan Gunung Api Ile Lewotolok diminta mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang disertai awan panas dari bagian tenggara puncak/kawah.

"Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, maka masyarakat yang berada di sekitar agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit," pinta Yeremias.

Mengingat abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling gunung, ia meminta masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di Ile Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama disaat musim hujan.

Seluruh masyarakat maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan status maupun rekomendasi gujung Ile Lewotolok setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia.

Sementara para pemangku kepentingan di sektor penerbangan dapat mengakses fitur VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation).

Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan narasi bohong atau hoaks dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi gunung yang tidak jelas sumbernya.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Ili Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/26/120706778/gunung-ile-lewotolok-kembali-erupsi-tinggi-kolom-abu-capai-700-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke