Salin Artikel

Pembuat Sabu di Lumajang Pakai Metode Baru yang Berisiko Tinggi Timbulkan Ledakan

KOMPAS.com - Pembuat narkoba jenis sabu yang digerebek polisi di Lumajang, Jawa Timur, disebut gunakan metode baru, yakni shake and bake.

Kepala Subdirektorat Narkoba Bidang Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Jawa Timur AKBP Imam Mukti mengatakan, metode ini berisiko tinggi menimbulkan ledakan akibat reaksi termokimia.

Hal itu dimungkinkan bisa terjadi lantaran sejumlah bahan kimia dicampurkan dalam satu wadah.

Usai dicampur, bahan-bahan kimia tersebut kemudian dikocok. Selanjutnya, produsen melakukan proses pengkristalan untuk menghasilkan sabu.

“Saat proses pencampuran bahan-bahan tersebut memiliki potensi ledakan," ujarnya, Minggu (24/10/2021).

Imam menjelaskan, metode baru pembuatan sabu ini adalah yang kali pertama ditemukan di Jawa Timur (Jatim).

"Metode ini baru ada pertama kali di Jatim. Pelaku tergolong sangat berani karena risiko metode ini sangat tinggi," ucapnya.

Empat rumah tersebut berada di lokasi yang berbeda di Kabupaten Lumajang.

Satu rumah berlokasi di Desa Besuk, Kecamatan Tempeh. Sedangkan, tiga lainnya bertempat di Desa Wonogriyo, Kecamatan Tekung.

Rumah-rumah itu diduga digunakan sebagai pabrik pembuatan narkoba jenis sabu.

Imam menuturkan, polisi mengamankan lebih dari satu orang dalam penggerebekan. Menurut pengakuan mereka, teknik membuat sabu dipelajari dari YouTube.

Akan tetapi, beber Imam, polisi tak mempercayai hal tersebut. Polisi menduga ada ahli yang mengajarkan cara meracik sabu kepada pelaku.

"Pengakuan pelaku masih didalami, karena tidak mungkin belajar membuat sabu dengan metode ini hanya belajar dari YouTube," ungkapnya.

Imam menyampaikan, bahan-bahan tersebut banyak yang memenuhi sebagai unsur pembuat sabu, seperti adanya aseton dan soda api.

"Ada 30 jenis bahan yang diamankan. Semuanya memenuhi unsur pembuatan sabu,” terangnya.

Polisi masih melakukan pendalaman terhadap kasus ini. Polisi juga belum menetapkan tersangka terkait kasus pembuatan narkoba jenis sabu ini.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | Editor: Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/24/151942678/pembuat-sabu-di-lumajang-pakai-metode-baru-yang-berisiko-tinggi-timbulkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke