Salin Artikel

Someone Has To Die, Novel Bertema Terorisme di Indonesia Karya Warga AS

Novel hasil penelitian Jim tentang berbagai aksi terorisme tersebut didiskusikan di kampus Undaris Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/10/2021).

Jim mengungkapkan banyak sekali kasus-kasus kekerasan berkaitan terorisme.

"Dengan adanya novel ini diharapkan semua orang sadar bahwa aksi terorisme itu tidak benar. Hidup saling mengasihi dan cinta damai, adalah sangat berharga,'' kata dia dalam keterangan tertulis.

Sementara itu Ketua Yayasan Hiadayah Bangsa Mahmud Farid Ibrahim mengungkapkan, kasus-kasus terorisme yang mengantarkan orang berbuat nekat melakukan aksi pengebomam dilandaskan berbagai faktor.

Berdasarkan pengalamannya mewancarai para 'pengantin' yang memicu terorisme dalam bentuk peledakan bom di sejumlah tempat, mereka telah mendapat doktrin.

"Ajaran kekerasan dan terorisme itu sangat tidak dibenarkan. Kemudian pilihan terhadap wanita sebagai pengantin dalam kasus terorisme peledakan bom, karena wanita mudah terbujuk dan diatur," ungkap Mahmud.

Para perempuan itu terlibat dalam peledakan bom, karena diajak oleh tokoh-tokoh yang memang memiliki kemampuan untuk merekrut orang-orang yang mudah dihasut.

"Buku 'Someone Has To Die' karya Jim Baton ini menjadi pengingat agar setiap orang jangan sampai terlibat dengan terorisme, karena terorisme merupakan sebuah ajaran yang salah," tegasnya.

Rektor Undaris Dr Drs H Hono Sejati SH MHum menjelaskan, bedah buku tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa agar memahami bahaya terorisme dan menjauhkan diri dari aksi terorisme.

"Undaris juga akan berperan mendukung pemerintah lewat kegiatan-kegiatan kampus yang bertujuan menghentikan aksi terorisme," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/18/194212678/someone-has-to-die-novel-bertema-terorisme-di-indonesia-karya-warga-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke