Salin Artikel

Video Viral Mensos Risma Adu Mulut dengan Mahasiswa di Lombok Timur soal Bansos, Ini Faktanya

MATARAM, KOMPAS.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini berdebat dengan mahasiswa saat kunjungan kerja ke Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (13/10/2021).

Peristiwa itu bermula ketika kedatangan Risma langsung disambut unjuk rasa dari sejumlah aktivis mahasiswa Universitas Gunung Rinjani, Lombok Timur.

Risma kemudian terlibat adu mulut dengan mahasiswa yang terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial. 

Dalam rekaman video tersebut, terlihat sejumlah mahasiswa berteriak saat menyampaikan aspirasi pada Menteri Risma.

Mahasiswa tersebut memprotes Risma yang melakukan kunjungan ke tempat salah satu oknum supplier penyedia Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Lombok Timur.

Terkait hal ini menteri Risma mengaku tidak tahu menahu.

"Kamu jangan fitnah aku ya. Sebentar dengerin, kalau kamu berhak ngomong, aku juga berhak ngomong," kata Risma kepada mahasiswa.

"Bukan fitnah, Bu. Tidak fitnah," jawab mahasiswa.

Beberapa petugas kepolisian dan Satpol PP ikut berusaha melerai mahasiswa.

Risma meminta mahasiswa untuk membuka dan menyerahkan data yang mereka protes.

"Kalau nggak niat baik saya, ngapain saya ke sini. Itu yang pertama. Yang kedua, saya tidak tahu ini supplier atau tidak, saya menteri, tidak ngurusi ini. Yang ketiga, kalau Anda mau memperjuangkan silakan, data tak terima sekarang, tak tunggu," kata Risma.

Tantangan Risma untuk menunjukkan data tersebut disanggupi oleh mahasiswa yang unjuk rasa.

Siapkan Data

Rohman Rofiqi, mahasiswa Universitas Gunung Rinjani mengatakan, saat itu ia nekat menerobos rombongan mensos demi menyampaikan secara langsung kepada Risma terkait dugaan sengkarut bantuan sosial di Lombok Timur.

Rohman mengaku sebelumnya pernah menyampaikan aspirasi kepada Dinas Sosial Lombok Timur tetapi tidak mendapat jawaban yang memuaskan.

"Kebetulan momentum ini kita sampaikan kondisi sengkarut bantuan sosial di Lombok Timur ini ke Bu Risma," kata Rohman saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (14/10/2021).

Untuk itu, Rohman mengapresiasi kedatangan Risma ke Kabupaten Lombok Timur.

Ia tidak mempermasalahkan perdebatan yang sempat terjadi karena aspirasinya sudah didengar oleh Risma.

Terkait kesan adu mulut yang terjadi saat bertemu Risma, menurutnya, hal itu terjadi karena situasi yang kurang kondusif sehingga harus bersuara keras agar aspirasi yang disampaikan terdengar.

"Kalau kami mengapresiasi kedatangan Bu Risma memang tipenya seperti itu, tapi kan positif tujuannya dan kedatangan untuk membenahi sengkarut bantuan sosial yang ada di Lombok Timur," jelas Rohman.

Ia mengaku sudah menyiapkan data yang diminta Risma dan berharap data tersebut bisa langsung diserahkan ke mantan wali kota Surabaya tersebut. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/14/170946978/video-viral-mensos-risma-adu-mulut-dengan-mahasiswa-di-lombok-timur-soal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke