Salin Artikel

Kronologi Bus Tujuan Jakarta Tabrak Pembatas Jalan dan 4 Mobil di Bogor, Diduga Rem Blong

KOMPAS.com - Diduga mengalami rem blong, Bus Cahaya Bhakti Utama (CBU) dengan nomor polisi F 7549 FL jurusan antar kota mengalami kecelakaan di depan Gerbang Tol Sentul Barat atau tepatnya di ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Baratm, Senin (11/10/2021) sekitar 07.30 WIB.

Akibat kejadian itu, empat mobil yakni Toyota Avanza, Calya, Hiace, dan Daihatsu Grandmax Pikcup rusak setelah ditabrak Bus CBU. Beruntung, dalam kecelakaan itu tidak ada korban jiwa.

Kanit Laka Lantas Polres Bogor Ipda Angga mengatakan, kejadian berawal saat Bus CBU yang dikemudikan AR (61), dalam perjalanan dari arah Leuwiliang Bogor menuju ke Tanjung Priuk, Jakarta.

Bus itu membawa 30 penumpang melaku dengan kecepatan kurang lebih 70 kilometer per jam.

Namun, saat di KM 00.600 Jalur B, bus tersebut mengalami gangguan pada fungsi rem.

Mengetahui itu, sambungnya, pengemudi lalu membanting setir ke kiri hingga menabrak pagar pembatas jalan tol hingga hancur.

Karena kerasnya tabrakan tersebut membuat mobil masuk ke parkiran kantor PT Jasa Marga Sarana Jabar (MSJ) dan menabrak sejumlah mobil yang terparkir.


Kata Angga, dari hasil penyelidikan yang dilalukan pihaknya, pengemudi bus tersebut tidak hati-hati dan konsetrasi saat mobil yang dikemudikannya mengalami gangguan fungsi rem.

"Bus yang dikemudikan AR itu melaju dengan kecepatan 70 Km, saat itu pengemudi tidak konsentrasi ketika kendaraan mengalami rem blong. Sehingga menabrak pagar serta mobil yang sedang diparkir," kata Angga saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin.

"Ada lima kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu yakni, bus Hino CBU, Toyota Avanza, Calya, Hiace, dan Daihatsu Grandmax Pickup," lanjutnya.

Akibat tabrakan itu, membuat empat mobil tersebut ringsek di beberapa bagian.

Mobil yang terlibat kecelakaan itu kemudian dibawa ke Unit Laka Lantas Ciawi.

Hal senada dikatakan Kepala Induk Polisi Jalan Raya (PJR) Tol BORR AKP Wahyu Isbandi yang mengatakan, kecelakaan itu terjadi setelah bus tersebut mengalami ganguan fungsi pada rem.

Kata Wahyu, hasil pemeriksaan sementara, kecelakaan terjadi diduga karena kerusakan pada fungsi pengereman Bus CBU tersebut.

"Kendaraan bus CBU itu mengangkut kurang lebih 30 orang, melaju dari KM 3, sehingga menuju ke KM 00 ini. Saat itu pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraannya, sehingga membanting setir ke arah kiri dan mengakibatkan empat kendaraan PT MSJ mengalami kerusakan," kata Wahyu melalui keterangan tertulisnya, Senin.

 

(Penulis : Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan | Editor : I Kadek Wira Aditya, Aprilia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/170407978/kronologi-bus-tujuan-jakarta-tabrak-pembatas-jalan-dan-4-mobil-di-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke