Salin Artikel

Sandiaga Uno Ingin Museum Batik Danar Hadi Jadi Tujuan Utama Wisatawan di Solo

Hal tersebut sebagai upaya untuk mempercepat pemulihan perekonomian di Solo, baik setelah pandemi maupun di saat pandemi seperti sekarang.

"Kita ingin Museum Batik Danar Hadi menjadi tempat utama kunjungan wisatawan pasca-pandemi maupun di tengah-tengah pandemi dengan protokol kesehatan," kata Sandiaga di sela-sela kunjungan di museum batik Danar Hadi Solo, Sabtu (9/10/2021).

Sandiaga menilai, Museum Batik Danar Hadi merupakan tujuan wisata yang menonjolkan warisan budaya.

Museum tersebut juga menyimpan pesan mendalam bagi pengunjung.

"Saya sangat kagum. Dan ini merupakan pesan yang sangat mendalam di mana kita melihat wisata berbasis heritage kita itu batik. Hari ini di batik Danar Hadi kita melihat batik kearifan lokal dan pelestarian juga," ungkap dia.

Lantaran masih dalam situasi pandemi, Sandiaga pun meminta pengelola Museum Batik Danar Hadi menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai sistem skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

Aplikasi ini dikembangkan untuk membantu instansi dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

"Nanti PeduliLindungi kita instal di sini sehingga semuanya terintegrasi," ungkap dia.


Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap dengan menjadi tujuan utama wisatawan, museum batik Danar Hadi bisa menjadi penggerak dalam percepatan pemulihan ekonomi Solo.

"Kita ingin selamatkan lapangan kerja, kita ingin lestarikan batik. Karena kita melihat Museum Batik Danar Hadi ini bergantung pada alur wisatawan dan Solo ini menjadi salah satu kota yang sangat mengandalkan pariwisata," tandas Sandiaga.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/09/131323478/sandiaga-uno-ingin-museum-batik-danar-hadi-jadi-tujuan-utama-wisatawan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke