Salin Artikel

Kawanan Monyet Serbu Panti Asuhan, Masuk ke Toilet dan Kamar Tidur

"Ada sekitar 30 ekor lebih monyet atau kera yang menyerbu panti asuhan tersebut. Mereka bahkan sudah sampai ke kamar mandi, kamar tidur, dan ruangan dari panti asuhan tersebut," ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Syahrial mengatakan, kedatangan monyet-monyet itu sudah cukup lama.

Pihak panti asuhan juga sudah melaporkan ke sejumlah pihak.

"Sudah sekitar hampir dua bulanan kawanan monyet tersebut mendatangi panti asuhan. Awalnya pihak panti asuhan melapor ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang. Kemudian diarahkan ke Balai Konservasi. Sementara itu, Balai Konservasi hanya mengurus hewan langka. Kemudian mereka arahkan ke kami, Dinas Pertanian. Makanya, pihal pengelola menyurati kami," ujar Syahrial.

Menurut Syahrial Kamat, pihaknya saat ini sedang mencari cara yang tepat untuk mengusir monyet tersebut, supaya tidak lagi kembali ke panti asuhan.

"Kami saat ini sudah melakukan observasi dan berdiskusi untuk mencari cara yang tepat untuk mengusir monyet tersebut. Salah satu cara yang akan kami gunakan adalah dengan membuat bunyi-bunyian. Jika tidak efektif juga, maka kami akan meminta saran dari yang ahli. Sebab untuk menembaknya juga tidak boleh," ujar Syahrial.

Menurut Syahrial, ada beberapa penyebab kawanan monyet itu menyerbu panti asuhan tersebut.

Salah satunya karena habitat monyet yang terganggu.

"Selain itu juga karena populasinya yang sudah banyak. Kemudian karena ada makanan mereka di sekitar panti asuhan tersebut. Kalau kami lihat, memang ada sisa makanan di sekitarnya," ujar Syahrial.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/06/151236978/kawanan-monyet-serbu-panti-asuhan-masuk-ke-toilet-dan-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke