Salin Artikel

Bharada Muhammad Kurniadi Korban KKB Dimakamkan di TMP Aceh Tamiang, Kapolres: Kami Kehilangan Salah Satu Putra Terbaik

Bharada Muhammad Kurniadi Sutio yang akrab disapa Adi adalah anggota Brimob gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kiwirok, Papua, pada Minggu (26/9/2021) lalu.

Jenazahnya kemudian diterbangkan dari Jayapura, Papua, ke desa asalnya yakni ke Desa Kampung Johar Baru, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, untuk dimakamkan. 

Sebelum ditempatkan di Papua, Bharada Muhammad Kurniadi baru dua tahun berdinas di korp Brimob dan berencana melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya pada Desember 2021.

Dimakamkan secara militer, dalam suasana haru

Dihubungi melalui telepon, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali menyebut jika dirinya bersama seluruh jajaran Muspida Plus Aceh Tamiang hadir memberi penghormatan terakhir saat prosesi pemakaman Bharatu Adi.

“Kami tentu merasa kehilangan mendalam atas gugurnya Adi. Dia salah satu putra terbaik Aceh Tamiang yang gugur menjalankan tugas negara di Papua,” kata Imam kepada Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Prosesi pemakaman Bharada Muhammad Kurniadi di TMP Aceh Tamiang dilakukan secara militer dan dalam suasana penuh haru. 

Imam mengatakan, seluruh keluarga dan masyarakat serta personel Brimob yang hadir di pemakaman bahkan ikut menangis saat melepas kepergian Adi untuk selamanya.


Bupati Aceh Tamiang ikut terpukul atas gugurnya putra daerah di Papua 

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang Mursil juga turut mengucapkan duka mendalam atas meninggalnya Bharada Muhammad Kurniadi.

Ucapan bela sungkawa itu disampaikan Kepala Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Ziswan. 

“Pak Bupati merasa terpukul atas kehilangan salah satu putra terbaik Kabupaten Aceh Tamiang. Beliau hadir (di pemakaman Bharada Muhammad Kurniadi) sekaligus untuk memberi penghormatan,” kata Ziswan melalui telepon ke Kompas.com, Senin (27/9/2021). 

Sebelumnya Bharada Muhammad Kurniadi Sutio dilaporkan gugur dalam baku tembak dengan KKB di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

Prosesi evakuasi jenazah dari Papua dilakukan dengan helikopter dengan pengamanan ketat Brimob bersenjata, seperti dilansir akun YouTube resmi Humas Brimob Polri.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/27/142528778/bharada-muhammad-kurniadi-korban-kkb-dimakamkan-di-tmp-aceh-tamiang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke