Salin Artikel

Cerita Lucu Wisudawan UMP Asal Turki, Sempat Merasa Aneh gara-gara Sering Diajak Selfie Orang Tak Dikenal

Di tengah momen yang menggemberikan, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika pada Fakultas Teknik dan Sains ini berbagi cerita selama kuliah di Purwokerto.

Sait yang bermukim di Purwokerto selama kurang lebih empat tahun ini mengaku memiliki pengalama lucu, yaitu sering diajak selfie atau swafoto oleh orang yang tak dikenal.

"Pengalaman lucu di sini, banyak orang yang saya tidak kenal ingin meminta foto bersama saya. Dan awalnya saya merasa ini aneh," kata Sait saat memberi sambutan mewakili wisudawan.

Perawakan Sait memang berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya. Ia tinggi, putih, dan berhidung mancung.

Meski demikian, Sait terkesan dengan warga Indonesia yang dinilai sangat ramah.

Sait kuliah di Indonesia melalui program beasiswa yang ditawarkan UMP untuk warga negara asing.

Sebenarnya ia sedang kuliah di Pakistan, namun kemudian merasa lebih senang ke Indonesia. Apalagi setelah ia mempelajari budaya, makanan dan tempat wisata.

Sait mengatakan, ada perbedaan proses belajar mengajar antara di Turki dan Indonesia.

"Kalau di Turki banyak teorinya daripada praktik, di Indonesia justru banyak praktiknya," ujar Sait.


Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, wisuda ke-67 UMP terasa begitu menyenangkan karena ada banyak mahasiswa dari luar negeri.

"Ada mahasiswa dari Turki, Sudan, Thailand, dan Bangladesh. Ini adalah buah manis kita, setelah sekian lama UMP mengelola internasionalisasi. Mahasiswa dari berbagai negara di dunia, bisa datang ke UMP," kata Jebul.

Jebul mengatakan, kampusnya memiliki 6 kelas internasional yang memungkinkan mahasiswa dari berbagai negera bisa kuliah di UMP.

Sementara itu, prosesi wisuda digelar secara luring di Lapangan Mas Mansur Kampus I UMP. Namun jumlahnua dibatasi hanya 700 wisudawan dari total 1.342 lulusan.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/26/085538378/cerita-lucu-wisudawan-ump-asal-turki-sempat-merasa-aneh-gara-gara-sering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke