Salin Artikel

Kata Gibran Usai Terima Gelar Bangsawan dari Keraton Solo

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Kanjeng Pangeran Widura Nagara dari Keraton Solo pada Senin (20/9/2021).

Gelar kebangsawanan itu diterima putra sulung Presiden Jokowi langsung dari Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pagelaran Keraton Solo.

Adapun prosesi pemberian gelar kebangsawanan kepada Girban berlangsung tertutup di Keraton Solo.

"Iya, saya merasa terhormat karena tadi tidak direncanakan juga. Saya ke sana mau ngecek vaksin. Malah dapat kesempatan untuk ketemu Sinuhun," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Selain mendapatkan gelar kebangsawanan, Gibran mengatakan, menerima arahan dari Raja Keraton Solo untuk memperindah beberapa area yang ada di kawasan Keraton Solo. 

"Tadi secara spesifik Sinuhun memberikan arahan di alun-alun," ungkap Gibran.

Gibran kembali menegaskan pemberian gelar kepada dirinya tidak direncanakan. Awalnya, kata Gibran dirinya meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pagelaran Keraton Solo.

"Tadi tidak ada rencana untuk bertemu dengan Sinuhun. Tiba-tiba ada Gusti Ratu langsung diajak ya udah langsung diberikan itu (gelar) juga kaget. Salah kostum juga. Suatu kehormatan bagi saya," kata dia.

Gibran berharap, dengan pertemuannya dengan PB XIII, komunikasi antara Pemkot Solo dengan keraton bisa lebih terbuka.

"Sinuhun cukup terbuka dan memberikan beberapa arahan ke Pemkot Solo. Jadi kedepan lebih enak, terbuka. Semoga lebih tertiblah terutama alun-alun itu," ungkap Gibran.

Adik Raja PB XIII Hangabehi, KGPH Dipokusumo mengatakan, pemberian gelar kebangsawanan tersebut karena Gibran dikenal sebagai sosok pemimpin muda yang bisa mengayomi masyarakat.

Gelar tersebut langsung diberikan oleh Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi kepada suami Selvi Ananda.

"Mas Gibran tentu bisa menjadi pengayom bagi mayarakat. Gelar bangsawan ini merupakan apresiasi dari Keraton Solo," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/234100478/kata-gibran-usai-terima-gelar-bangsawan-dari-keraton-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke