Salin Artikel

Pecah Ban, Terios Berpenumpang 9 Orang Terguling di Jalan Tol Lampung, 3 Tewas, Begini Kronologinya

KOMPAS.com - Mobil Daihatsu Terios dengan nomor polisi B 1043 CFK yang membawa 9 penumpang termasuk sopir mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) KM 182+600, Tulang Bawang, Lampung, Kamis (16/9/2021) pagi.

Mobil itu terguling setelah mengalami pecah ban depan saat sedang melaju.

Akibatnya, tiga orang meninggal, tiga luka berat dan tiga luka ringan.

Korban meninggal yakni, sopir berinisial S (51) warga Tangerang, K (6) warga Natar, dan S (19) warga Tangerang.

Kemudian, tiga orang yang mengalami luka berat yakni, ENW (45) warga Tangerang, SNR (43) warga Natar, dan SM (51) warga Tangerang.

Sedangkan, tiga orang penumpang yang mengalami luka ringan adalah ZA (42) warga Tangerang, ADF (3) warga Tangerang, dan HRL (38) warga Tangerang.


Kepala Cabang Ruas Tol Terpeka Yoni Satto mengatakan, mobil tersebut datang dari arah Lampung menuju Palembang.

Namun, saat di lokasi kejadian, mobil mengalami pecah ban depan hingga membuat sopir tak dapat mengendalikan kendaraannya.

Bahkan, sempat membuat mobil terguling beberapa kali dengan posisi akhir kendaraan menghadap timur dan posisi roda kanan menghadap ke atas di jalur cepat. 

“Sesampainya di lokasi kejadian, diduga kendaraan mengalami pecah ban depan sebelah kanan yang mengakibatkan pengemudi hilang kendali,” kata Yoni saat dihubungi, Kamis.

“Tiga orang tewas, tiga orang luka berat, dan tiga orang luka ringan,” sambungnya.

Kata Yoni, delapan korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Menggala. Sementara satu orang lainnya dievakuasi ke RS Harapan Bunda.

Usai kejadian itu, Yoni pun mengimbau kepada seluruh pengguna tol agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Misalnya, sambung Yoni, berkendara dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam. Selain itu, mengecek kondisi kendaraan sebelum digunakan.

“Juga memastikan berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk, serta selalu setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu,” kata Yoni.

 

(Penulis : Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor : Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/223037978/pecah-ban-terios-berpenumpang-9-orang-terguling-di-jalan-tol-lampung-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke