Salin Artikel

1.237 Rumah Terendam Banjir di Lebak, Warga Diminta Waspada Bencana dalam Tiga Hari ke Depan

LEBAK, KOMPAS.com - Bencana banjir terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Peristiwa ini terjadi setelah hujan mengguyur wilayah itu selama satu malam pada Senin (13/9/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, banjir dan longsor terjadi di lima kecamatan yakni Rangkasbitung, Cibadak, Kalanganyar, Cikulur dan Leuwidamar.

"Total ada 1.237 rumah terendam dan rusak di lima kecamatan," kata Febby di Kantor BPBD Lebak, Rangkasbitung, Rabu (15/9/2021).

Adapun banjir terparah, kata Febby, terjadi di Kecamatan Rangkasbitung. Pemukiman di kecamatan tersebut sebanyak 13 kampung di lima kelurahan atau desa terdampak banjir.

Dalam peristiwa banjir itu, satu warga juga dilaporkan meninggal dunia karena terseret arus. Hingga saat ini, kata Febby, banjir di wilayah tersebut sebagian besar sudah surut.

Sementara itu warga yang sebelumnya mengungsi karena banjir, juga sudah pulang ke rumah masing-masing.

Kemudian untuk longsor di Lebak, Febby menambahkan, hanya terjadi kerusakan ringan di Kecamatan Rangkasbitung dan Kecamatan Leuwidamar.

Kendati demikian, Febby meminta warga untuk waspada terjadinya banjir dan longsor berikutnya. Sebab, Lebak akan menghadapi potensi cuaca ekstrem dalam tiga hari ke depan.


Wilayah rawan banjir dan longsor

Febby merinci wilayah kecamatan yang menjadi potensi bencana banjir yakni Rangkasbitung, Kalanganyar, Cipanas, Curugbitung, Muncan, Sobang, Lebak Gedong, Cibeber, Cilograng, Bayah, Cihara, Cigemblong, Bojongmanik, Banjarsari, Leuwidamar, dan Cimarga.

Sementara untuk kecamatan yang rawan longsor antara lain, Kecamatan Bayah, Sobang, Lebakgedong, Cigemblong, Bojongmanik, Cibeber, Muncang, Gunungkencana, Cipanas, Cileles, Cimarga, Cikulur, Leuwidamar dan Cilograng.

"Masyarakat terutama di wilayah perkotaan di Lebak diharap waspada, siapkan tas khusus berisi dokumen-dokumen penting hingga pakaian. Jadi ketika ada bencana, siap mengungsi ke tempat aman," kata Febby.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/174850078/1237-rumah-terendam-banjir-di-lebak-warga-diminta-waspada-bencana-dalam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke