Salin Artikel

Wisata Tanjung Lesung Punya Instalasi Pengolah Air, 36.000 Warga Pandeglang dan Wisatawan Bakal Nikmati Air Bersih

Pembangunan ini untuk menunjang pasokan air bersih bagi puluhan ribu warga di daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan wisatawan.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Banten (BPPW) Banten Dirjen Ciptakarya, Rojali Indra Saputra, mengatakan, Kecamatan Panimbang, dimana KEK Tanjung Lesung berada, merupakan daerah sulit air, dengan kondisi air sumur payau.

Kata dia, mayoritas warga di sana, menggunakan air sumur, membeli air jerigen atau isi ulang untuk kebutuhan air minum bersih.

"Sementara sumber air baku di KEK Pariwisata Tanjung Lesung sendiri berasal dari sumur bor dengan kapasitas kecil, yakni 5 liter/detik," kata Rojali saat peletakan batu pertama pembangunan IPA SPAM di Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang, Senin (13/9/2021) sore.

Pembangunan IPA SPAM akan dilakukan bertahap hingga 2040 dengan target pasokan mencapai 200 liter per detik. Adapun tahap pertama ini direncanakan berkapasitas 100 liter per detik.

Pasokan airnya sendiri berasal dari Sungai Ciliman. Untuk pengelolaan ke depan nantinya, akan diserahkan ke PDAM Pandeglang.

"Kami Dari PUPR tugasnya memfasilitasi hingga pemasangan pipa utama ke wilayah KSPN kurang lebih 30 kilometer, setelah dibangun akan dikelola oleh PDAM karena kami sebagai pembina PDAM, kita akan merumuskan mekanismenya," kata dia.


Bupati Pandeglang: puluhan ribu warga terselamatkan

Bupati Pandeglang, Irna Narulita, menyambut baik pembangunan IPA SPAM tersebut. Pembangunan itu, kata dia, akan menyelamatkan puluhan ribu warga Pandeglang dari kekurangan air bersih.

Kata dia, karena kurangnya air bersih di Pandeglang, ribuan anak-anak di wilayahnya masih menderita stunting dan banyak warga yang punya kebiasaan buang air di kebun.

"36.000 jiwa di empat kecamatan wilayah penunjang KSPN akan teraliri air bersih, ini juga persiapan untuk menyambut wisatawan yang mulai bangkit lagi setelah pandemi," kata Irna.

Irna mengatakan, hadirnya IPA SPAM ini menjadi pemantik untuk fasilitas-fasilitas lainnya yang diharapkan segera dibangun.

Selain IPA SPAM, di kawasan tersebut juga tengah dibangun tol Serang-Panimbang yang membuat kawasan wisata Tanjung Lesung mudah diakses dari Jakarta.

"Secara bertahap dan paralel akan terwujud, saat ini ketersediaan air bersih akan segera terwujud semoga penunjang lainnya seperti jalan tol segera selesai sehingga ekonomi akan tumbuh," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/14/070048778/wisata-tanjung-lesung-punya-instalasi-pengolah-air-36000-warga-pandeglang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke