Salin Artikel

Bupati Cianjur Temukan Banyak Siswa SD Lupa Cara Membaca Saat Sidak PTM, Sebut Kualitas Pendidikan Turun

Hal ini terungkap dari hasil inspeksi mendadak (sidak) Bupati Cianjur Herman Suherman bersama jajaran dinas terkait ke sejumlah sekolah selama sepekan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa PPKM level 2.

Herman mengemukakan, kasus siswa lupa cara membaca tersebut banyak ditemukan di wilayah pelosok dan beberapa lainnya di perkotaan.

“Kalau di sekolah kota paling satu dua ya. Tapi kalau di pelosok banyak kita temukan,” kata Herman kepada Kompas.com, Senin (13/9/2021).

Indikasi penurunan kualitas pendidikan

Menurut Herman, hal ini mengindikasikan terjadi penurunan kualitas pendidikan sebagai dampak pandemi Covid-19, yang mana sekolah ditutup dan sistem pembelajaran dilakukan secara daring.

“Namun ternyata tidak semua siswa mampu melakukannya (belajar daring) karena berbagai faktor,” ujar dia.

Faktor ekonomi keluarga

Kondisi ekonomi keluarga, sebut Herman, menjadi faktor utama siswa tidak optimal mengikuti pembelajaran jarak jauh tersebut.

“Saya tanya ke mereka penyebabnya kenapa, ternyata karena tidak punya HP, orangtuanya tidak bekerja, atau di rumahnya susah sinyal,“ ucapnya.

Sementara faktor lainnya adalah peran dari orangtua.


Kurangnya peran orangtua

Menurut Herman, di satu sisi ada orangtua yang kurang membimbing anak, namun di sisi lain ada yang mengambil alih seluruh kegiatan belajar termasuk mengerjakan tugas sekolah sang anak.

“Akibatnya, terjadi penurunan kualitas kemampuan di bidang akademik, termasuk jadi lupa cara membaca, padahal sudah kelas 4,” kata Herman.

Menyikapi hal ini, Herman menginstruksikan pihak sekolah untuk melakukan percepatan pembelajaran bagi siswa-siswa yang “bermasalah” tersebut.

“Sekolah wajib kasih jam tambahan, dan kita ini punya program gurujug (guru ngajugjug siswa). Nah itu dioptimalkan, laksanakan oleh guru-guru,” ujar Herman.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/14/065038178/bupati-cianjur-temukan-banyak-siswa-sd-lupa-cara-membaca-saat-sidak-ptm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke