Salin Artikel

Lamongan Jadi Daerah Pertama di Pulau Jawa Terapkan PPKM Level 1, Ini Pesan Bupati Yuhronur...

Hal itu berdasarkan asesmen yang dirilis Kementerian Kesehatan pada Selasa (7/9/2021). Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengunggah informasi tersebut di akun Instagramnya, @khofifah.ip, Rabu (8/9/2021).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengaku bersyukur dengan capaian tersebut. 

Menurutnya, capaian itu merupakan kerja keras seluruh pihak di Lamongan. Masyarakat, kata dia, juga telah sadar mencegah penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah. Ini adalah hasil kerja kita semua. Pemerintah Kabupaten Lamongan, TNI, Polri, tokoh masyarakat dan semua lapisan masyarakat," ujar Yuhronur saat dikonfirmasi, Rabu.

Yuhronur mengatakan, status PPKM level satu tersebut tak boleh disambut berlebihan. Masyarakat, kata dia, tak boleh lengah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Level satu bukan berarti langsung terjadi  kelonggaran-kelonggaran. Kita saat ini tetap berpedoman pada Inmendagri Nomor 39," kata Yuhronur.

Meski berada dalam level satu, Yuhronur tetap meningkatkan upaya penanganan Covid-19.

"Dengan level satu, kita bisa mengukur bahwa upaya-upaya yang kita lakukan di Kabupaten Lamongan sinergitas tiga pilar sudah benar, namun tetap perlu ditingkatkan," ucap Yuhronur.

Selain itu, Yuhronur juga mengimbau seluruh warga Lamongan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Pemerintah juga terus meningkatkan tracing, testing, dan treatment.

"Jadi kita pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat harus saling bekerja sama. Kita tuntaskan penanganan Covid-19 ini secara bertahap dan berkelanjutan," tutur Yuhronur.


Daftar status PPKM kota dan kabupaten di Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan informasi tentang status PPKM level 1 di Lamongan itu melalui akun instagramnya @khofifah.ip, Rabu (8/9/2021).

"Berdasarkan asesmen situasi yang dirilis Kemenkes RI per hari ini, Alhamdulillah Lamongan menjadi kabupaten pertama yang masuk asesmen level satu di Pulau Jawa," bunyi tulisan yang ada dalam postingan @khofifah.ip, yang disertai gambar foto Khofifah mengenakan masker.

"Alhamdulillah, Kabupaten Lamongan tembus level satu pertama di Jawa. Level dua naik 16 daerah, level tiga tercatat 19 daerah dan level empat tinggal dua daerah," tulis Khofifah.

Sejumlah daerah yang menerapkan PPKM level dua adalah Kabupaten Tuban, Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Pamekasan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Jember, Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Sementara yang menerapkan PPKM level tiga di antaranya, Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Madiun, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Jombang, dan Blitar.

Sedangkan dua daerah yang menyandang status PPKM level empat adalah Ponorogo dan Magetan.

"Bersyukur diikuti kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Matur nuwun kerja keras semua pihak. Jaga dan waspada ya lur. Mugi sehat seger waras sedoyo," tambah Khofifah.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/08/114747178/lamongan-jadi-daerah-pertama-di-pulau-jawa-terapkan-ppkm-level-1-ini-pesan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke