Salin Artikel

Buntut Polsek Bandara Sentani Terbakar, Oknum Kepala Suku di Jayapura Ditahan, Polisi Buru 40 Pelaku Lain

JAYAPURA, KOMPAS.com - Polsek Bandara Sentani dan 10 ruko di Kabupaten Jayapura, Papua, terbakar pada Senin (6/9/2021) malam.

Kejadian tersebut diduga buntut konflik rebutan lahan antarmasyarakat Kampung Sereh, Distrik Sentani Kota, yang berujung aksi pembakaran.

"Konflik antara dua keluarga dari Kampung Sereh, yaitu YE dengan IO yang berdampak beberapa rumah dibakar, termasuk kantor Polsek yang ada di sebelahnya ikut terbakar," ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, usai meninjau lokasi kejadian, Selasa (7/9/2021).

Saat ini, sambung Fakhiri, polisi telah menahan YE, yang merupakan ondo folo atau kepala suku sebagai pelaku utama pembakaran. Sedangkan para pelaku lain dipastikan akan terus dikejar.

"Pelaku sekitar 40 orang, semuanya akan kita tangkap," kata dia.

Fakhiri menegaskan, polisi tidak akan mencampuri urusan adat antara pelaku dan korban.

"Kami tidak masuk pada masalah adatnya, kami hanya memproses hukum," kata Fakhiri.

Untuk operasional Polsek Bandara Sentani, Fakhiri telah memerintahkan Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen untuk mencari tempat sementara agar pelayanan tetap berjalan.

Meski hanya sebagian, pembakaran itu menghanguskan sejumlah ruangan di dalam Polsek. 

https://regional.kompas.com/read/2021/09/07/133551078/buntut-polsek-bandara-sentani-terbakar-oknum-kepala-suku-di-jayapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke