Salin Artikel

Gempa M 5,0 di Maluku, BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan

Kepala BPBD Maluku, Henri Farfar mengatakan pasca-kejadian gempa, pihaknya telah meminta laporan dari daerah.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

“Saya sudah cek, dan perintahkan BPBD di sana untuk sampaikan laporan tapi sampai saat ini belum ada laporan resmi tentang kerusakan jadi sepertinya tidak ada kerusakan yang terjadi,” kata Henri kepada Kompas.com saat dikonfirmasi, Senin (6/9/2021).

Henri mengaku, gempa yang terjadi semalam juga tidak terlalu kuat dirasakan getarannya sehingga tidak menimbulkan kepanikan warga.

“Memang gempa semalam ini tidak terlalu kuat getarannya,” ujarnya.

Salah satu warga di Namlea, Kabupaten Buru yang dihubungi Kompas.com mengaku tidak merasakan getaran gempa yang terjadi.

“Di sini katong (kita) tidak merasakan gempa, biasa saja tidak rasa apa-apa,” katanya.

“Ada gempa tadi malam tapi getarannya kecil dan tidak ada rumah-rumah dan bangunan yang rusak di sini semua aman,” kata Bahtiar saat dikonfirmasi Kompas.com via telepon seluler.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Seram Bagian Barat, La Ucu mengaku pihaknya telah melakukan pemantauan di lapangan dan hasilnya tidak ada rumah warga yang rusak akibat gempa.

“Kita sudah lakukan pemantauan di lapangan tapi tidak ada rumah dan bangunan yang rusak,” ujarnya saat dihubungi secara terpisah.

Gempa tektonik berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Pulau Buru, Minggu (5/9/2021).

Gempa yang terjadi pukul 21.16 WIT berada pada lokasi 2.59 Lintang Selatan dan 127.43  Bujur Timur atau berjarak 84 km timur laut Namlea  dan 99 km barat Laut Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat.

BMKG Stasiun Geofisika Ambon menyebut gempa tersebut merupakan gempa dangkal yang terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif Seram-Buru.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike slip,” bunyi pernyataan BMKG. 

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/121058278/gempa-m-50-di-maluku-bpbd-sebut-tak-ada-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke