Salin Artikel

Patut Ditiru, Bhabinkamtibmas Ini Telaten Suapi Gelandangan yang Kelaparan di Salatiga

SALATIGA, KOMPAS.com - Sosok anggota polisi di Kota Salatiga bernama Aiptu Heru Santoso ini patut ditiru.

Jiwa sosialnya terhadap sesama sungguh luar biasa.

Polisi yang menjadi Bhabinkamtibmas Noborejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah ini telaten menyuapi seorang lansia yang lemas di pinggir jalan.

Hal itu terjadi pada Minggu (5/9/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Anggota Bhabinkamtibmas ini mendapat laporan dari seorang warga adanya gelandangan yang tak berdaya di wilayah RT004/RW004 Purwosari.

Mendapat laporan dari warga, Heru bergegas mendatangi lokasi tersebut.

"Ada warga namanya Pak Jumadi telepon saya mengabari, ada laki-laki tua duduk tak bergerak, khawatir ada apa-apa langsung kontak saya," jelasnya saat dihubungi.

Saat Heru datang, lelaki tua tersebut mengenakan pakaian kumal dan kondisinya lemas.

"Lalu saya mintakan air minum ke warga, dia merespons. Lalu saya tanya dalam bahasa Jawa, mau makan mbah, dia mengangguk," ucapnya.

Namun, karena melihat kondisinya yang lemah, Heru berinisiatif tidak memberi nasi, namun bubur bayi.

"Ya saya suapi dengan bubur bayi. Takutnya kalau nasi, perutnya tidak kuat malah bisa jadi sakit. Saya kasih bubur dan suapi, mau makan pelan-pelan, menelannya juga baik," terangnya.

Setelah menyuapi tuna wisma tersebut, Heru lalu berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Salatiga.

"Kakek tersebut dibawa untuk mendapat perawatan di Rumah Singgah Dinas Sosial, tentu agar mendapat kondisi yang lebih layak," terangnya.

Heru mengungkapkan, setelah kakek tersebut dibawa petugas dinas sosial, dirinya dikabari warga jika kakek tersebut mirip dengan warga Setugur.

"Namun ternyata setelah saya konfirmasi ke warga di Setugur tersebut, bukan. Jadi sementara ini tetap di rumah singgah," paparnya.

Dia menegaskan, aksinya menolong kakek tersebut hanya didasarkan rasa kemanusiaan.

"Kita hanya menolong, tidak ada niat yang lain. Apalagi kakek tersebut sudah sepuh dan membutuhkan perawatan, mungkin tidak bisa mendapat makan, jadi saya bantu. Intinya jangan ada yang kelaparan," paparnya.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana mengapresiasi tindakan yang dilakukan Aiptu Heru Santoso.

"Karena empati dan langkah cepatnya mengambil tindakan, termasuk memilih bubur dan bukan nasi, kakek tersebut dapat terselamatkan," terangnya.

Indra mengatakan, Heru telah mengambil langkah tepat dengan melaksanakan pertolongan pertama kepada warga yang membutuhkan.

"Termasuk respons cepatnya terhadap laporan yang diterima, penanganan terhadap kondisi kakek tersebut, dan koordinasinya dengan instansi terkait," kata Indra.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/071953278/patut-ditiru-bhabinkamtibmas-ini-telaten-suapi-gelandangan-yang-kelaparan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke