Salin Artikel

Kunjungi Posramil Kisor, Gubernur Papua Barat Minta Warga yang Mengungsi Kembali ke Distrik Aifat Selatan

Dengan menggunakan maskapai pesawat Susi Air, Gubernur bersama rombongan tiba di Bandara Udara Kambuaya sekitar pukul 09.23 WIT.

Rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke wilayah penyerangan Posramil Kisor dan melihat lokasi tempat kejadian.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, atas nama pemerintah Provinsi Papua Barat bersama masyarakat, dirinya menyampaikan dukacita atas gugurnya empat prajurit TNI.

Gubernur juga mengajak masyarakat kembali ke Distrik Aifat Selatan.

Sebab, sehari pasca-penyerangan Posramil, sejumlah masyarakat yang berada di kampung itu ketakutan dan mengungsi keluar dari Kampung Shori dan Kampung Kisor.

"Saya mengimbau dan mengajak masyarakat di Distrik Aifat Selatan bisa kembali ke kampungnya dan beraktivitas seperti biasanya," kata dia, Sabtu (4/9/2021).

Dominggus meminta warga aktif melaporkan jika mereka mengetahui pelaku penyerangan Posramil Kisor.

"Saya juga mengajak masyarakat juga membantu pemerintah yang mengetahui para pelaku yang melakukan pembunuhan terhadap empat prajurit TNI, bisa diajak kembali bergabung bersama pemerintah untuk kembali bersatu membangun," tutur Dominggus Mandacan.

Dominggus mengatakan, kasus ini diserahkan ke jajaran kepolisian untuk mengungkap pelaku dan memproses sesuai hukum yang berlaku negara ini.

Sementara Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk memberikan dukungan moril kepada prajurit TNI yang betugas di daerah pedalaman maupun pelosok.

Pangdam berharap, agar para prajurit tetap tegar dan bersemangat demi mengabdi kepada negara dan bangsa.

"Kami juga memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat kita karena keselamatan rakyat hukum yang tertinggi," ujar I Nyoman Cantiasa.

Sebelumnya diberitakan Posramil Kisor Kodim 1808/Maybrat, Papua Barat diserang orang tak dikenal (OTK) pada Kamis (2/9/2021) pukul 03.45 WIT.

Penyerangan itu dilakukan secara membabi buta saat anggota TNI sedang tertidur dan menyebabkan empat prajurit TNI gugur.

Pasca-insiden itu situasi di Kampung Kisor dan Posramil aman dan kondusif.

Aparat gabungan TNI-Polri saat ini sudah menguasai lokasi yang diduga sebagai tempat para pelaku. Hingga kini, aparat masih terus melakukan pengejaran terhadap pelaku.


https://regional.kompas.com/read/2021/09/04/150837578/kunjungi-posramil-kisor-gubernur-papua-barat-minta-warga-yang-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke