Salin Artikel

Pratu Sul Ansyari Anwar, Prajurit TNI yang Gugur di Maybrat Papua Barat Diketahui Baru Setahun Menikah

BARRU, KOMPAS.com - Isak tangis mewarnai kedatangan jenazah Pratu Sul Ansyari Anwar, anggota TNI yang gugur di Pos Koramil Persiapan Kisor, Distrik Maybrat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Sebelum dimakamkan, jenazah Pratu Sul Ansyari Anwar terlebih dahulu dishalatkan di rumah duka di Desa Tompo Tengah, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Anwar, ayah dari Pratu Sul Ansyari tidak menyangka anaknya akan pergi begitu cepat.

"Saya tidak menyangka anak saya pergi begitu cepat. Padahal baru setahun lalu menikah," kata Anwar Anwar sambil meneteskan air mata kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Ia menceritakan anaknya sewaktu kecil rajin membantu kedua orangtua.

"Ia besar di sini, anak saya rajin membantu di sawah." kenang Anwar.

Anwar masih ingat betul ketika sang anak menghubunginya sebelum Pos Koramil Persiapan Kisor diserang 50 orang tak dikenal (OTK) di Papua.

"Malam kejadian sebelum dibantai, anak saya Sul, sempat menelepon. Ia mengabarkan ke saya bahwa dirinya telah mengirimkan uang untuk adiknya yang kuliah di Makassar," kata Anwar.

Perbincangan melalui sambungan telepon saat itu berlangsung lama tidak seperti biasanya.

"Tidak biasanya ia menelepon dengan suara manja dan lumayan lama. Biasanya ia menelpon hanya sebentar," ungkap Anwar.

Upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga untuk dimakamkan secara militer dilakukan di lorong depan rumah orangtua Pratu Sul Ansyari Anwar.

Korban dimakamkan di pemakaman umum desa setempat. Upacara pemakaman dipimpin Komandan Kodim 1405 Parepare, Letkol Czi Arianto Wibowo.

"Dari pemerintah kita akan memberikan bantuan kepada keluarga Pratu Sul Ansyari Anwar. " ujar Bupati Barru, Sulawesi Selatan Suardi Saleh.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/04/082045378/pratu-sul-ansyari-anwar-prajurit-tni-yang-gugur-di-maybrat-papua-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke